masak gurame asam manis

Hello, Sobat Info Negeri! Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga semua dalam keadaan baik dan sehat ya. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas sebuah resep masakan yang lezat dan menggugah selera, yaitu “masak gurame asam manis”. Siapa yang tidak suka dengan ikan gurame yang segar dengan perpaduan rasa asam dan manis yang sedap? Yuk, simak artikel ini sampai akhir untuk mengetahui cara membuatnya!

Gurame asam manis merupakan salah satu hidangan ikan yang populer di Indonesia. Perpaduan rasa asam dari bahan-bahan seperti cuka, air jeruk nipis, dan kecap manis yang manis membuat citarasa masakan ini begitu khas dan enak. Selain itu, bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, cabai merah, dan cabai hijau akan memberikan aroma yang menggiurkan ketika masakan ini dimasak.

Untuk membuat gurame asam manis, pertama-tama kita perlu menyiapkan bahan-bahan berikut:1. Ikan gurame segar (lebih baik yang masih hidup)2. 2 siung bawang putih, cincang halus3. 2 siung bawang merah, cincang halus4. 2 buah cabai merah, iris serong5. 1 buah cabai hijau, iris serong6. 3 sendok makan saus tomat7. 2 sendok makan saus cabai8. 2 sendok makan kecap manis9. 2 sendok makan cuka10. 1 sendok makan air jeruk nipis11. Garam secukupnya12. Gula secukupnya13. Minyak goreng secukupnya

Setelah semua bahan tersedia, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan ikan gurame. Bersihkan ikan gurame dari sisik-sisiknya dan cuci hingga bersih. Potong-potong ikan sesuai selera, lalu beri garam dan air jeruk nipis, kemudian diamkan selama beberapa menit agar ikan lebih harum dan segar.

Selanjutnya, panaskan minyak dalam wajan. Goreng ikan gurame hingga matang dan berwarna keemasan. Angkat ikan dan tiriskan.

Pada wajan yang sama, tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Tambahkan cabai merah dan cabai hijau, lalu aduk rata. Setelah itu, masukkan saus tomat, saus cabai, kecap manis, cuka, garam, dan gula secukupnya. Aduk rata hingga bumbu tercampur dengan baik.

Kemudian, masukkan ikan gurame yang telah digoreng tadi ke dalam wajan. Pastikan setiap bagian ikan terbalut oleh bumbu. Masak ikan gurame dengan api sedang hingga bumbu meresap dan mengental. Jika dirasa terlalu kering, tambahkan sedikit air matang agar tidak terlalu kental.

Setelah bumbu meresap, angkat ikan gurame asam manis dari wajan dan sajikan pada piring saji. Hidangan ini cocok disajikan dengan nasi putih hangat dan sayuran sebagai pelengkapnya.

Nah, itulah resep sederhana untuk membuat gurame asam manis yang lezat. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Sobat Info Negeri bisa mencoba membuat hidangan ini di rumah. Dijamin, keluarga dan teman-teman akan terpesona dengan hasil masakanmu!

Selain enak, gurame asam manis juga memiliki manfaat kesehatan. Ikan gurame mengandung protein tinggi yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan otot. Selain itu, kandungan omega-3 dalam ikan gurame juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Jadi, jangan ragu untuk mencoba masak gurame asam manis di rumah ya, Sobat Info Negeri! Selain bisa menikmati rasa lezatnya, kamu juga dapat merasakan manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya. Selamat mencoba dan semoga hidanganmu selalu enak dan disukai oleh semua orang. Terima kasih sudah membaca artikel ini!