• Thu. Jul 18th, 2024

cara masak gurame asam manis

BySaputra

Nov 15, 2023

Hello, Sobat Info Negeri! Bagaimana kabar kalian hari ini? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara memasak gurame asam manis yang lezat. Gurame asam manis merupakan salah satu hidangan yang populer di Indonesia. Rasanya yang asam segar dengan rasa manis yang lezat membuatnya menjadi favorit banyak orang. Nah, jika kalian ingin mencoba resep ini di rumah, yuk simak cara masak gurame asam manis berikut ini!

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat gurame asam manis ini cukup sederhana dan mudah ditemukan di pasaran. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

1. 1 ekor ikan gurame segar (ukuran sesuai selera)2. 2 buah jeruk limo3. 3 sendok makan saus tomat4. 2 sendok makan saus cabe5. 1 sendok makan saus tiram6. 2 sendok makan kecap manis7. 3 siung bawang putih, cincang halus8. 1 buah bawang bombay, iris tipis9. 1 buah paprika merah, potong kotak-kotak10. 1 buah wortel, iris memanjang11. 1 batang daun bawang, iris halus12. Garam secukupnya13. Merica bubuk secukupnya14. Minyak goreng secukupnya

Setelah semua bahan tersedia, mari kita mulai memasak gurame asam manis ini. Pertama-tama, cucilah ikan gurame hingga bersih, lalu lumuri dengan perasan jeruk limo dan garam secukupnya. Diamkan selama 15 menit agar ikan meresap dengan baik.

Selanjutnya, panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Goreng ikan gurame hingga matang dan berwarna keemasan. Angkat ikan dan tiriskan.

Selanjutnya, dalam wajan yang sama, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Tambahkan saus tomat, saus cabe, saus tiram, dan kecap manis. Aduk rata semua bumbu tersebut.

Kemudian, masukkan irisan paprika merah, wortel, dan daun bawang. Aduk rata dan masak hingga sayuran sedikit layu tetapi masih renyah. Beri garam dan merica bubuk secukupnya sesuai dengan selera.

Setelah itu, letakkan ikan gurame yang telah digoreng tadi ke dalam wajan berisi bumbu dan sayuran. Aduk perlahan agar bumbu meresap ke dalam ikan. Masak selama beberapa menit hingga ikan matang sempurna dan bumbu tercampur merata.

Tadaa! Gurame asam manis siap disajikan. Anda bisa menambahkan sedikit air jika ingin kuahnya lebih banyak atau kental, sesuai dengan selera pribadi. Hidangan ini cocok disajikan dengan nasi putih hangat dan dilengkapi dengan irisan timun atau tomat segar sebagai pelengkapnya.

Selain lezat, gurame asam manis ini juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Gurame sebagai sumber protein dapat membantu memperbaiki dan memperkuat otot-otot kita. Selain itu, kandungan vitamin yang terdapat pada sayuran dan jeruk limo juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

Dengan resep yang sederhana ini, kalian bisa menikmati hidangan gurame asam manis kapan saja di rumah. Rasanya yang khas dengan perpaduan rasa asam dan manis tentu akan membuat siapa saja tergoda untuk mencobanya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, segera coba resep ini di dapur kalian dan nikmati kelezatan gurame asam manis bersama keluarga tercinta!

Itulah tadi artikel tentang cara memasak gurame asam manis yang lezat. Semoga bermanfaat bagi kalian yang ingin mencoba memasak hidangan ini di rumah. Jangan lupa untuk berbagi resep ini kepada teman-teman kalian agar mereka juga bisa menikmati kelezatan gurame asam manis ini. Selamat mencoba dan selamat menikmati!

By Saputra