• Thu. Jul 18th, 2024

masak ikan gurame

BySaputra

Jan 2, 2024

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar? Kali ini, kita akan membahas tentang cara memasak ikan gurame yang lezat dan nikmat. Ikan gurame merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki daging yang lembut serta tekstur yang enak. Tak heran, ikan ini menjadi pilihan favorit bagi pecinta kuliner di Indonesia. Nah, bagi Sobat Info Negeri yang ingin mencoba masak ikan gurame sendiri di rumah, yuk simak artikel ini sampai selesai!

Sebelum memulai proses memasak, pertama-tama kita harus memilih ikan gurame yang segar dan berkualitas. Pastikan ikan yang Sobat Info Negeri beli memiliki mata yang bening, sisik yang masih menempel dengan kuat, serta tidak ada bau tidak sedap. Jika sudah mendapatkan ikan gurame yang sesuai, sekarang saatnya kita mulai memasaknya.

Salah satu resep yang bisa Sobat Info Negeri coba adalah gurame bakar kecap. Cara memasaknya pun cukup sederhana. Pertama, bersihkan ikan gurame dengan air bersih dan lumuri dengan perasan jeruk nipis. Setelah itu, taburi garam secukupnya dan biarkan selama beberapa saat agar bumbu meresap ke dalam ikan.

Selanjutnya, panaskan panggangan atau teflon dengan sedikit minyak. Panggang ikan gurame sampai matang dengan api sedang. Jangan lupa untuk membalik ikan agar matang merata. Saat ikan hampir matang, tuangkan kecap manis secukupnya di atas ikan gurame. Biarkan sebentar agar kecap meresap ke dalam daging ikan.

Setelah itu, angkat ikan gurame bakar kecap dan sajikan di atas piring. Tambahkan irisan bawang merah, bawang putih, serta daun bawang sebagai pelengkap. Jangan lupa untuk menyajikan nasi putih hangat sebagai pendamping. Nikmati gurame bakar kecap yang lezat ini bersama keluarga tercinta!

Selain gurame bakar kecap, masih banyak lagi variasi masakan dari ikan gurame yang bisa Sobat Info Negeri coba. Salah satunya adalah gurame asam manis. Untuk membuat masakan ini, pertama-tama tumis bawang putih, bawang merah, dan cabai merah yang sudah dihaluskan dengan sedikit minyak. Tambahkan saus tomat, saus cabai, saus sambal, serta gula dan garam secukupnya. Aduk rata hingga bumbu matang.

Kemudian, masukkan potongan ikan gurame ke dalam tumisan bumbu tersebut. Aduk-aduk hingga ikan terbalut bumbu dengan merata. Tambahkan air secukupnya dan biarkan ikan matang dengan api kecil. Jika ikan sudah matang dan kuahnya mengental, tambahkan irisan paprika, tomat, dan daun bawang untuk memberikan rasa segar pada masakan.

Gurame asam manis siap disajikan! Hidangkan masakan ini dengan nasi putih hangat atau lontong. Rasanya yang asam manis akan membuat lidah Sobat Info Negeri bergoyang. Jangan lupa untuk menyajikan irisan timun dan daun selada sebagai pelengkap agar tampilan hidangan semakin menarik.

Selain dua resep di atas, masih banyak lagi kreasi masakan ikan gurame yang bisa Sobat Info Negeri coba. Misalnya, ikan gurame goreng tepung, ikan gurame kukus, atau ikan gurame saus padang. Setiap masakan memiliki keunikan dan kelezatan tersendiri. Kombinasikan dengan bumbu dan rempah pilihanmu untuk menciptakan cita rasa yang sesuai dengan selera.

Begitulah Sobat Info Negeri, artikel ini telah membahas tentang cara memasak ikan gurame yang lezat dan nikmat. Mulai dari gurame bakar kecap, gurame asam manis, hingga berbagai variasi masakan lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi panduan bagi Sobat Info Negeri yang ingin mencoba memasak ikan gurame di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

By Saputra