masak capcay bakso

Hello Sobat Info Negeri! Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat ya. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang resep masakan yang lezat dan sangat populer, yaitu “masak capcay bakso”. Jika kalian pecinta masakan Asia, khususnya masakan Tionghoa, pasti sudah tidak asing lagi dengan capcay bakso ini. Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Capcay bakso merupakan salah satu hidangan yang paling sering ditemui di restoran Tionghoa di Indonesia. Biasanya, capcay bakso terdiri dari berbagai macam sayuran seperti kubis, wortel, kembang kol, buncis, serta beberapa jenis bakso seperti bakso ikan, bakso ayam, atau bakso sapi. Tidak hanya lezat, capcay bakso juga mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Untuk membuat capcay bakso, tentunya kita membutuhkan beberapa bahan dan bumbu yang mudah ditemukan di pasar atau supermarket terdekat. Berikut ini adalah bahan-bahan yang diperlukan:

1. 100 gram kubis, iris tipis2. 100 gram wortel, iris tipis3. 100 gram kembang kol, iris tipis4. 100 gram buncis, potong-potong5. 10 buah bakso ikan, iris menjadi dua bagian6. 10 buah bakso ayam, iris menjadi dua bagian7. 10 buah bakso sapi, iris menjadi dua bagian8. 3 siung bawang putih, cincang halus9. 2 batang daun bawang, iris tipis10. 2 sendok makan saus tiram11. 1 sendok teh kecap manis12. 1 sendok teh garam13. 1/2 sendok teh merica bubuk14. 1/2 sendok teh kaldu bubuk15. 2 sendok makan minyak sayur untuk menumis

Setelah kita menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan, mari kita mulai memasak capcay bakso ini. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Panaskan minyak sayur dalam wajan dengan api sedang.2. Tumis bawang putih hingga harum, lalu masukkan semua jenis bakso. Aduk rata dan tumis hingga bakso berubah warna.3. Masukkan semua sayuran, yaitu kubis, wortel, kembang kol, dan buncis. Aduk rata dan masak hingga sayuran sedikit layu.4. Tambahkan saus tiram, kecap manis, garam, merica bubuk, dan kaldu bubuk. Aduk rata dan masak hingga semua bumbu meresap ke dalam sayuran dan bakso.5. Terakhir, tambahkan irisan daun bawang. Aduk sebentar dan matikan api.

Capcay bakso siap disajikan! Hidangan ini bisa disantap saat hangat-hangat dengan nasi putih atau bisa juga disajikan sebagai lauk sayur. Rasakan kelezatan dan kaya nutrisi yang terkandung dalam setiap suapannya. Selain itu, kalian juga bisa menambahkan bumbu atau bahan lain sesuai dengan selera, seperti jamur, tahu, atau ayam fillet.

Selain rasanya yang lezat, capcay bakso juga memiliki berbagai manfaat kesehatan. Sayuran yang terkandung dalam capcay bakso, seperti kubis, wortel, dan buncis, mengandung banyak serat yang baik untuk pencernaan kita. Selain itu, sayuran juga kaya akan vitamin dan mineral yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Bagi kalian yang sedang menjalani diet, capcay bakso juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Hidangan ini rendah kalori dan lemak, sehingga tidak akan membuat kalian khawatir mengenai penambahan berat badan. Namun, tetap ingat untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi saus tiram dan kecap manis, karena kedua bahan tersebut mengandung garam dan gula yang lebih tinggi.

Nah, itulah pembahasan lengkap mengenai “masak capcay bakso”. Hidangan ini tidak hanya lezat, tetapi juga mudah untuk dibuat di rumah. Jangan ragu untuk mencoba resep ini dan nikmati kelezatan serta kaya nutrisi yang terkandung dalam capcay bakso. Selamat mencoba dan semoga berhasil!