• Wed. Jul 17th, 2024

resep masakan pedas

BySaputra

Jan 27, 2024

Hello, Sobat Info Negeri! Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kalian semua dalam keadaan baik dan sehat ya. Kali ini, kami akan berbagi resep masakan yang mungkin akan membuat lidah kalian bergoyang. Apa itu? Ya, masakan pedas! Bagi pecinta makanan pedas, resep ini wajib kalian coba. Jadi, siapkan diri kalian untuk merasakan sensasi pedas yang menggigit. Yuk, kita mulai!

1. Ayam Rica-Rica

Pertama, kita akan membahas resep Ayam Rica-Rica. Ayam Rica-Rica adalah salah satu masakan pedas khas dari Sulawesi Utara. Ciri khas dari masakan ini adalah rasa pedas yang kuat namun tetapmenggugah selera. Untuk membuat Ayam Rica-Rica, berikut adalah bahan-bahannya:

– 1 ekor ayam, potong menjadi beberapa bagian- 10 cabai merah besar, iris tipis- 5 cabai rawit merah, iris tipis (sesuai selera)- 4 siung bawang merah, iris tipis- 3 siung bawang putih, iris tipis- 3 cm jahe, memarkan- 3 lembar daun jeruk, sobek-sobek- 2 batang serai, memarkan- 2 lembar daun salam- 1 sendok makan gula merah, serut- 1 sendok teh garam- 1/2 sendok teh merica bubuk- Minyak goreng secukupnya

Cara membuatnya juga cukup sederhana. Pertama, panaskan minyak dalam wajan. Tumis bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, dan jahe hingga harum. Kemudian, masukkan ayam dan aduk rata hingga berubah warna. Setelah itu, tambahkan daun jeruk, daun salam, serai, gula merah, garam, dan merica bubuk. Aduk rata dan masak hingga ayam matang dan bumbu meresap. Angkat dan sajikan dengan nasi hangat. Selamat menikmati Ayam Rica-Rica pedas yang lezat!

2. Sambal Balado

Selanjutnya, ada Sambal Balado yang juga tidak kalah terkenal. Sambal Balado berasal dari Sumatera Barat dan memiliki rasa pedas yang khas. Sambal ini cocok untuk teman makan nasi atau lauk pauk lainnya. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan:

– 10 cabai merah keriting, iris tipis- 5 cabai rawit merah, iris tipis (sesuai selera)- 5 buah bawang merah, iris tipis- 3 siung bawang putih, iris tipis- 2 buah tomat, potong dadu- 2 sendok makan air asam jawa- 1 sendok teh gula merah, serut- 1 sendok teh garam- Minyak goreng secukupnya

Cara membuat Sambal Balado juga mudah. Pertama, panaskan minyak dalam wajan. Tumis bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan cabai rawit hingga harum. Masukkan tomat dan aduk rata. Setelah itu, tambahkan air asam jawa, gula merah, dan garam. Aduk rata dan masak hingga matang. Sambal Balado siap disajikan. Tambahkan sambal ini pada makanan kesukaanmu dan nikmati sensasi pedasnya!

3. Rendang Padang

Tidak lengkap rasanya jika membahas masakan pedas tanpa menyebut Rendang Padang. Rendang merupakan masakan khas dari Sumatera Barat yang terkenal di seluruh Indonesia bahkan hingga mancanegara. Rendang Padang memiliki cita rasa yang gurih, pedas, dan bumbu rempah yang kaya. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Rendang Padang:

– 500 gram daging sapi, potong dadu- 10 cabai merah keriting, iris tipis- 5 cabai rawit merah, iris tipis- 3 siung bawang putih, iris tipis- 3 siung bawang merah, iris tipis- 2 lembar daun jeruk- 2 batang serai, memarkan- 2 lembar daun salam- 1 ruas lengkuas, memarkan- 1 ruas jahe, memarkan- 1 sendok teh ketumbar bubuk- 1 sendok teh garam- 1/2 sendok teh merica bubuk- Santan dari 1 butir kelapa- Minyak goreng secukupnya

Pertama, panaskan minyak dalam wajan. Tumis bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan cabai rawit hingga harum. Tambahkan daging sapi dan aduk rata hingga berubah warna. Setelah itu, masukkan daun jeruk, serai, daun salam, lengkuas, jahe, ketumbar bubuk, garam, dan merica bubuk. Aduk rata dan masak hingga daging empuk dan bumbu meresap. Tuangkan santan dan masak hingga kental. Rendang Padang siap disajikan. Selamat menikmati Rendang Padang yang kaya akan rempah!

Itulah beberapa resep masakan pedas yang bisa kalian coba di rumah. Tentunya ada banyak lagi variasi masakan pedas yang dapat dieksplorasi. Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi kalian dalam mencoba masakan pedas. Selamat memasak dan menikmati hidangan lezat dengan sensasi pedas yang menggigit!

By Saputra