• Thu. Jul 18th, 2024

cara memasak capcay bakso

BySaputra

Sep 20, 2023

Hello, Sobat Info Negeri! Apa kabar hari ini? Semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan bahagia. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara memasak capcay bakso. Siapa sih yang tidak suka dengan hidangan yang satu ini? Capcay bakso adalah hidangan yang lezat, sehat, dan mudah untuk disiapkan di rumah. Jadi, yuk kita bahas cara memasaknya!

Capcay bakso merupakan salah satu hidangan yang terkenal di Indonesia. Hidangan ini terdiri dari sayuran segar yang diolah bersama dengan bakso yang kenyal dan lezat. Capcay bakso memiliki cita rasa yang gurih dan nikmat, serta kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh kita. Nah, berikut ini adalah cara mudah untuk memasak capcay bakso di rumah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk memasak capcay bakso cukup sederhana dan mudah ditemukan. Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

1. 200 gram bakso sapi, potong menjadi dua bagian2. 2 buah wortel, iris tipis3. 1 buah buncis, potong-potong4. 1 buah brokoli, potong-potong5. 1 buah kembang kol, potong-potong6. 1 buah paprika merah, iris tipis7. 2 batang daun bawang, iris tipis8. 2 siung bawang putih, cincang halus9. 2 sendok makan saus tiram10. 1 sendok teh kecap manis11. 1/2 sendok teh garam12. 1/4 sendok teh merica bubuk13. 500 ml air14. 2 sendok makan minyak goreng

Setelah semua bahan telah disiapkan, kita bisa langsung memasak capcay bakso. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang.2. Tumis bawang putih hingga harum dan kecokelatan.3. Masukkan bakso sapi, aduk rata hingga bakso berubah warna menjadi kecokelatan.4. Tambahkan air dan biarkan mendidih.5. Setelah air mendidih, masukkan wortel, buncis, brokoli, kembang kol, dan paprika merah ke dalam wajan.6. Aduk rata dan tutup wajan dengan penutup.7. Biarkan sayuran matang selama sekitar 5-7 menit atau hingga sayuran terlihat lembut namun tetap renyah.8. Buka penutup wajan dan tambahkan saus tiram, kecap manis, garam, dan merica bubuk.9. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan baik.10. Terakhir, tambahkan daun bawang yang telah diiris tipis.11. Aduk sebentar dan angkat capcay bakso dari wajan.

Voila! Capcay bakso siap disajikan. Hidangan ini cocok disantap bersama nasi putih hangat atau bisa juga sebagai lauk pendamping mie atau kwetiau. Rasanya yang gurih dan segar akan membuat lidah kalian bergoyang!

Selain rasanya yang lezat, capcay bakso juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Sayuran yang digunakan mengandung serat tinggi, vitamin, dan mineral yang baik untuk tubuh. Bakso sapi juga mengandung protein yang penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Jadi, dengan memasak capcay bakso, kita tidak hanya mendapatkan hidangan yang lezat, tetapi juga menyehatkan tubuh kita.

Selain itu, cara memasak capcay bakso ini juga sangat fleksibel. Kalian bisa menambahkan sayuran lain sesuai dengan selera atau bahkan mengganti bakso sapi dengan bakso ayam atau seafood. Setiap variasi akan memberikan sensasi yang berbeda pada hidangan ini.

Nah, itulah cara memasak capcay bakso yang sederhana dan mudah untuk kalian coba di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi kalian yang ingin mencoba memasak hidangan yang lezat dan sehat. Jangan lupa untuk berbagi artikel ini kepada teman-teman kalian yang juga pecinta capcay bakso. Selamat mencoba dan selamat menikmati hidangan lezat ini, Sobat Info Negeri!

By Saputra