masak ayam woku kemangi

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar? Semoga kamu dalam keadaan baik dan sehat. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang salah satu hidangan khas Indonesia yang lezat dan menggugah selera, yaitu “masak ayam woku kemangi”. Siapa yang tidak suka dengan masakan ayam yang gurih, pedas, dan segar ini?

Ayam woku kemangi adalah salah satu hidangan tradisional dari Sulawesi Utara, tepatnya Manado. Dalam bahasa Manado, “woku” berarti bumbu, sedangkan “kemangi” adalah daun kemangi yang sering digunakan sebagai bumbu dalam masakan ini. Ayam woku kemangi memiliki cita rasa khas yang membuatnya menjadi favorit banyak orang.

Pertama-tama, mari kita bahas tentang bahan-bahan yang dibutuhkan untuk memasak ayam woku kemangi. Kamu memerlukan potongan ayam, daun kemangi segar, bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, tomat, serta rempah-rempah seperti kunyit, jahe, dan lengkuas. Selain itu, kamu juga membutuhkan santan kelapa sebagai bahan utama dalam memasak ayam woku kemangi ini.

Langkah pertama dalam proses memasak ayam woku kemangi adalah menyiapkan bahan-bahan dan bumbu-bumbu yang dibutuhkan. Bersihkan potongan ayam dan lumuri dengan air jeruk nipis atau air asam jawa untuk menghilangkan bau amis. Tumis bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, kunyit, jahe, dan lengkuas hingga harum. Setelah itu, tambahkan potongan ayam dan aduk rata.

Kemudian, tuangkan santan kelapa ke dalam panci dan masak ayam hingga matang. Jangan lupa untuk sesekali mengaduk agar santan tidak pecah. Setelah ayam matang, tambahkan irisan tomat dan daun kemangi segar. Aduk rata dan biarkan masakan ayam woku kemangi ini mendidih sebentar agar semua bumbu dan rasa meresap ke dalam daging ayam.

Ayam woku kemangi siap disajikan! Kamu bisa menyantapnya dengan nasi putih hangat atau nasi kuning sebagai pelengkap. Rasakan sensasi gurih dan pedas dari ayam woku yang disempurnakan dengan aroma segar dari daun kemangi yang khas. Pasti akan membuat lidahmu bergoyang!

Tidak hanya lezat dan menggugah selera, ayam woku kemangi juga memiliki beberapa manfaat kesehatan. Daun kemangi yang digunakan sebagai bumbu dalam masakan ini mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Daun kemangi dipercaya dapat membantu mengatasi masalah pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta memberikan efek relaksasi.

Selain itu, ayam yang menjadi bahan utama dalam masakan ini juga mengandung protein tinggi yang penting untuk pembentukan jaringan tubuh dan pemulihan otot setelah beraktivitas. Jadi, dengan menyantap ayam woku kemangi, kamu tidak hanya mendapatkan kenikmatan kuliner, tetapi juga manfaat kesehatan yang baik untuk tubuhmu.

Nah, itulah artikel tentang masak ayam woku kemangi. Masakan tradisional ini memang sangat lezat dan menggoda selera. Jika kamu belum pernah mencoba, segeralah mencoba resep ini di rumah. Jangan lupa untuk berbagi dengan keluarga dan teman-temanmu ya! Selamat mencoba, Sobat Info Negeri!