masak ayam rica rica kemangi

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas resep masak yang lezat dan menggugah selera, yaitu masak ayam rica-rica kemangi. Siapa yang tidak suka dengan hidangan ayam yang pedas dan aromatik ini? Jika kamu termasuk penggemar masakan Indonesia, resep ini wajib kamu coba. Dengan bumbu-bumbu yang khas dan aroma segar dari daun kemangi, hidangan ini akan memanjakan lidah dan membuatmu ketagihan. Yuk, simak selengkapnya!

Ayam rica-rica kemangi merupakan salah satu masakan khas dari Sulawesi Utara. Hidangan ini terkenal karena kepedasannya yang menggigit dan kelezatan rasa rempahnya. Ayam yang digunakan bisa berupa ayam utuh atau potongan-potongan ayam sesuai selera. Biasanya, ayam rica-rica kemangi disajikan dengan nasi putih hangat dan sambal terasi yang pedas.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat ayam rica-rica kemangi ini tergolong mudah didapatkan. Kamu hanya perlu menyiapkan ayam, bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, cabai rawit, daun jeruk, daun salam, lengkuas, kemangi, serta bumbu-bumbu lain seperti garam, gula, dan kaldu ayam bubuk. Jika kamu tidak menyukai makanan yang terlalu pedas, kamu dapat mengurangi jumlah cabai rawit sesuai selera.

Untuk memulai proses memasak, pertama-tama, kamu harus membersihkan ayam terlebih dahulu dengan air bersih dan mengeringkannya. Kemudian, rebus ayam hingga matang dan tiriskan. Setelah itu, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukkan cabai merah keriting dan cabai rawit yang telah diiris-iris, daun jeruk, daun salam, dan lengkuas ke dalam tumisan tersebut. Aduk rata dan masak hingga cabai layu dan harum.

Selanjutnya, masukkan ayam yang telah direbus ke dalam tumisan bumbu tersebut. Aduk rata dan biarkan bumbu meresap ke dalam daging ayam. Tambahkan air secukupnya dan masak hingga mendidih. Setelah itu, masukkan garam, gula, dan kaldu ayam bubuk sesuai dengan selera. Masak hingga daging ayam empuk dan bumbu meresap sempurna.

Terakhir, tambahkan daun kemangi ke dalam ayam rica-rica tersebut. Kemangi akan memberikan aroma segar dan rasa yang khas pada hidangan ini. Aduk rata dan masak sebentar hingga daun kemangi layu. Ayam rica-rica kemangi siap disajikan!

Dalam penyajiannya, kamu dapat menambahkan irisan cabai rawit sebagai topping untuk memberikan rasa pedas yang lebih. Jangan lupa juga untuk menyajikan nasi putih hangat sebagai pendamping ayam rica-rica kemangi ini. Serta, jangan lupa siapkan sambal terasi sebagai pelengkap untuk menambah cita rasa pedas yang khas.

Selain rasanya yang lezat, ayam rica-rica kemangi juga memiliki manfaat kesehatan. Cabai merah keriting dan cabai rawit yang digunakan dalam masakan ini mengandung capsaicin yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, daun kemangi juga memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh.

Itulah tadi resep masak ayam rica-rica kemangi yang lezat dan menggugah selera. Hidangan ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai makanan pedas dan aromatik. Selain itu, masakan ini juga mudah untuk dipersiapkan di rumah. Jadi, tunggu apa lagi? Segera coba resep ayam rica-rica kemangi ini di rumah dan nikmati hidangannya bersama keluarga tercinta. Selamat mencoba!