cara membuat kue cincin empuk dan renyah

Hello teman-teman pembaca yang senang memasak dan ingin mencoba membuat kue cincin empuk dan renyah! Kali ini saya akan berbagi resep dan cara membuat kue cincin yang lezat dan mudah untuk dipraktikkan. Kue cincin biasanya menjadi pilihan camilan yang pas untuk menemani waktu santai atau sebagai hidangan saat berkumpul bersama keluarga atau teman-teman. Yuk, simak baik-baik cara membuatnya!

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Agar kue cincin yang kita buat menjadi empuk dan renyah, dibutuhkan bahan-bahan yang tepat dan berkualitas. Berikut ini adalah bahan-bahan yang diperlukan:

Bahan Jumlah
Tepung terigu protein sedang 250 gram
Gula halus 125 gram
Mentega 125 gram
Kuning telur 3 butir
Pewarna makanan (opsional) secukupnya
Baking powder 1/2 sendok teh
Vanili bubuk 1/2 sendok teh
Garam 1/4 sendok teh

Cara Membuat Kue Cincin

Setelah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan, saatnya kita mulai proses pembuatan kue cincin empuk dan renyah ini.1. Pertama-tama, campurkan gula halus dan mentega yang sudah dilelehkan hingga tercampur rata.2. Masukkan kuning telur dan aduk kembali hingga merata.3. Tambahkan baking powder, vanili bubuk, dan garam ke dalam adonan. Aduk kembali hingga tercampur rata.4. Setelah itu, masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan tercampur rata dan kalis.5. Jika ingin memberikan warna pada kue cincin, tambahkan pewarna makanan sesuai dengan selera. Aduk kembali hingga tercampur rata.6. Setelah adonan tercampur rata, diamkan adonan selama 30 menit hingga adonan mengembang.7. Panaskan oven pada suhu 160°C.8. Ambil adonan dan bentuk adonan menjadi lingkaran kecil dengan lubang di tengahnya seperti cincin.9. Letakkan cincin adonan di atas loyang yang sudah diolesi mentega dan ditaburi tepung terigu.10. Panggang dalam oven selama 15-20 menit hingga matang dan berwarna kekuningan.11. Angkat kue cincin dari oven dan biarkan dingin sejenak.12. Setelah dingin, kue cincin empuk dan renyah siap untuk disajikan.

Tips Membuat Kue Cincin Empuk dan Renyah

Untuk mendapatkan hasil kue cincin yang empuk dan renyah, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan:1. Gunakan tepung terigu protein sedang agar adonan kue cincin kalis dan empuk.2. Jangan terlalu banyak mengaduk adonan karena akan membuat kue menjadi keras dan kurang enak.3. Diamkan adonan selama 30 menit agar adonan mengembang dan kue menjadi lebih empuk.4. Pastikan oven sudah dipanaskan terlebih dahulu sebelum memanggang kue cincin.5. Jangan terlalu lama memanggang kue cincin agar tidak terlalu keras dan tetap empuk.

Kesimpulan

Itulah cara membuat kue cincin empuk dan renyah yang bisa kamu praktikkan di rumah. Dengan menggunakan bahan-bahan yang tepat dan mengikuti langkah-langkah dengan benar, dijamin kamu akan mendapatkan kue cincin yang lezat dan enak. Selamat mencoba!