Cara Membuat Bikang

Hello teman-teman pembaca sekalian, kali ini saya ingin berbagi resep bikang yang sangat lezat dan mudah dibuat di rumah. Bikang adalah kue tradisional Indonesia yang terbuat dari bahan tepung ketan dan gula merah, dan umumnya disajikan sebagai cemilan atau hidangan penutup. Bagi kalian yang ingin mencoba membuat bikang sendiri di rumah, ikuti langkah-langkah yang saya berikan di bawah ini.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan:

Bahan Jumlah
Tepung ketan 250 gr
Gula merah, serut halus 200 gr
Air matang 600 ml
Daun pandan, simpulkan 3 lembar
Garam 1/2 sdt
Minyak kelapa secukupnya

Pertama-tama, siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan di atas. Pastikan semua bahan dalam keadaan bersih dan siap digunakan.

Langkah-langkah Pembuatan:

1. Campurkan tepung ketan dan garam dalam sebuah wadah. Aduk rata.

2. Tuang air matang sedikit-sedikit ke dalam tepung ketan sambil terus diaduk hingga adonan bisa dipulung dan tidak lengket di tangan.

3. Ambil sejumput adonan, pipihkan dan beri gula merah serut di tengahnya. Tutup dan bentuk bulat.

4. Rebus air dalam panci hingga mendidih. Masukkan daun pandan dan biarkan beberapa saat hingga aroma pandan keluar.

5. Masukkan bulatan-bulatan bikang ke dalam panci berisi air dan daun pandan. Masak hingga bulatan-bulatan bikang mengapung ke permukaan air. Angkat dan tiriskan.

6. Siapkan loyang yang sudah diolesi dengan minyak kelapa. Letakkan bulatan-bulatan bikang di atas loyang dan kukus selama 15-20 menit.

7. Angkat dan sajikan bikang dalam piring saji yang cantik.

Tips dan Trik:

1. Pastikan adonan tepung ketan tidak terlalu basah atau terlalu kering, sehingga bikang bisa dibentuk dengan mudah.

2. Penggunaan daun pandan sangat penting untuk memberi aroma yang khas pada bikang. Jika tidak ada daun pandan, bisa diganti dengan ekstrak pandan.

3. Untuk membuat bikang lebih lezat, tambahkan sedikit santan pada adonan tepung ketan.

Kesimpulan

Itulah cara mudah dan sederhana untuk membuat bikang yang lezat dan nikmat. Yuk, coba buat sendiri di rumah dan nikmati bersama keluarga atau teman-teman terdekat. Selamat mencoba!