• Wed. Jul 17th, 2024

Cara Membuat Akar Kelapa dari Tepung Beras Rose Brand

BySaputra

Oct 17, 2023

Kenapa Harus Membuat Akar Kelapa dari Tepung Beras Rose Brand?

Hello, pembaca yang budiman! Akar kelapa adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang sangat populer di berbagai daerah. Rasanya yang unik dan teksturnya yang kenyal membuat akar kelapa menjadi camilan yang cocok disantap kapan saja. Namun, tidak semua orang tahu cara membuat akar kelapa yang enak dan kenyal. Nah, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat akar kelapa dari tepung beras Rose Brand yang mudah dan praktis.Mungkin beberapa dari Anda bertanya-tanya, mengapa harus menggunakan tepung beras Rose Brand? Well, tepung beras Rose Brand memiliki kualitas yang sangat baik dan sudah terkenal di berbagai kalangan. Selain itu, tepung beras Rose Brand juga mudah ditemukan di toko-toko terdekat atau bahkan di supermarket.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai, pastikan Anda telah menyiapkan beberapa bahan-bahan berikut:

Bahan Jumlah
Tepung beras Rose Brand 250 gram
Santan kelapa 500 ml
Garam 1 sendok teh
Gula pasir 1 sendok makan

Cara Membuat Akar Kelapa dari Tepung Beras Rose Brand

Setelah semua bahan sudah siap, ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat akar kelapa dari tepung beras Rose Brand:

1. Pertama-tama, campurkan tepung beras Rose Brand dengan air secukupnya hingga adonan menjadi agak encer. Aduk rata dan sisihkan.

2. Siapkan wadah dan masukkan santan kelapa ke dalamnya. Tambahkan garam dan gula pasir, lalu aduk rata hingga garam dan gula benar-benar larut dalam santan.

3. Kemudian, panaskan campuran santan tersebut hingga mendidih sambil terus diaduk agar tidak gosong. Setelah mendidih, matikan api dan biarkan santan agak dingin.

4. Setelah santan cukup dingin, tuangkan adonan tepung beras sedikit-sedikit ke dalam campuran santan sambil terus diaduk hingga adonan tepung beras habis. Pastikan adonan tidak menggumpal dan tercampur rata dengan santan.

5. Setelah adonan tercampur rata, panaskan kembali campuran tersebut dengan api kecil sambil terus diaduk hingga adonan mengental dan tidak lengket di tangan. Angkat dan sisihkan.

6. Selanjutnya, ambil selembar daun pisang dan olesi dengan sedikit minyak goreng. Letakkan adonan di atasnya dan ratakan hingga kira-kira tebalnya setengah sentimeter.

7. Gulung daun pisang dan adonan tepung beras seperti gulungan sushi, rapatkan ujungnya dan ikat dengan seutas tali rafia. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis.

8. Panaskan air dalam panci hingga mendidih. Masukkan gulungan akar kelapa ke dalamnya dan masak selama kira-kira 30-40 menit hingga matang dan mengapung di atas air. Angkat dan tiriskan.

9. Setelah akar kelapa dingin, potong-potong sesuai selera dan sajikan di atas piring. Akar kelapa siap disantap!

Kesimpulan

Itulah tadi cara mudah dan praktis untuk membuat akar kelapa dari tepung beras Rose Brand. Dengan bahan-bahan yang sederhana dan langkah-langkah yang mudah diikuti, Anda bisa menikmati camilan tradisional Indonesia yang enak dan kenyal kapan saja. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

By Saputra