Cara Membuat Kue Rambutan yang Lezat dan Mudah

Hello para pecinta kue dan kuliner! Apa kabar? Bagaimana kegiatannya hari ini? Hari ini, saya akan berbagi tentang bagaimana cara membuat kue rambutan. Siapa yang tidak mengenal buah rambutan? Buah yang berambut ini memang sangat terkenal di Indonesia. Tapi, tahukah kamu kalau rambutan juga bisa dijadikan bahan untuk membuat kue yang lezat?

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Bahan Jumlah
Tepung terigu 250 gram
Gula pasir 150 gram
Margarin 100 gram
Rambutan secukupnya
Putih telur 3 butir
Kuning telur 2 butir
Baking powder 1 sendok teh
Vanili secukupnya
Susu cair 100 ml

Sebelum memulai membuat kue rambutan, pastikan semua bahan di atas sudah tersedia. Jangan sampai ada yang terlewatkan ya!

Cara Membuat Kue Rambutan

Setelah semua bahan tersedia, langkah selanjutnya adalah mengikuti resep dan cara membuat kue rambutan sebagai berikut:

  1. Cuci bersih buah rambutan dan kupas kulitnya hingga hanya tersisa daging buahnya saja. Kemudian, sisihkan terlebih dahulu.
  2. Ambil wadah, lalu masukkan margarin dan gula pasir. Kocok hingga mengembang dan berubah warna menjadi pucat.
  3. Tambahkan kuning telur satu per satu sambil terus dikocok hingga rata.
  4. Setelah itu, masukkan tepung terigu yang telah dicampur dengan baking powder dan vanili ke dalam adonan. Aduk rata dengan spatula atau sendok kayu.
  5. Tambahkan susu cair sedikit-sedikit sambil diaduk hingga adonan tercampur sempurna.
  6. Kemudian, ambil putih telur dan kocok hingga mengembang dan berubah warna menjadi putih. Lalu, masukkan adonan putih telur ke dalam adonan tepung terigu secara perlahan. Aduk menggunakan spatula hingga tercampur rata.
  7. Setelah itu, masukkan daging buah rambutan ke dalam adonan. Aduk rata dan pastikan buah rambutan tercampur merata di dalam adonan.
  8. Siapkan loyang, olesi dengan margarin dan taburi sedikit tepung terigu agar tidak lengket. Kemudian, tuang adonan ke dalam loyang.
  9. Panaskan oven dengan suhu 180 derajat Celsius. Lalu, masukkan loyang ke dalam oven dan panggang selama 30-35 menit hingga matang. Cek kematangan dengan tusuk gigi. Jika sudah tidak lengket, berarti kue sudah matang.
  10. Keluarkan loyang dari oven dan biarkan kue rambutan dingin terlebih dahulu. Kemudian, potong-potong sesuai selera dan sajikan.

Tips Membuat Kue Rambutan yang Sempurna

Agar kue rambutan yang kamu buat menjadi sempurna, ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan. Berikut adalah tips-tips yang dapat membantu kamu dalam membuat kue rambutan yang lezat:

  • Pilih rambutan yang sudah masak dan manis untuk dijadikan bahan kue.
  • Setelah daging buah rambutan diambil dari kulitnya, pastikan semua biji sudah diambil dan tidak ada yang terlewat.
  • Gunakan telur yang segar agar adonan kue rambutan mengembang dengan baik.
  • Jangan terlalu sering membuka oven saat proses memanggang. Hal ini dapat mempengaruhi suhu oven dan kematangan kue.
  • Jangan lupa untuk memasukkan baking powder agar kue rambutan bisa mengembang dengan baik.

Kesimpulan

Nah, itulah cara membuat kue rambutan yang lezat dan mudah untuk kamu coba di rumah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa membuat kue rambutan yang enak dan pastinya akan disukai oleh keluarga dan teman-teman. Jangan lupa juga untuk menerapkan tips-tips yang sudah disebutkan di atas agar hasilnya lebih maksimal. Selamat mencoba!