cara masak udang balado

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar? Saya harap semuanya baik-baik saja di sana. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara memasak udang balado yang lezat dan menggugah selera. Siapa sih yang bisa menolak cita rasa pedas dan gurih dari masakan khas Indonesia yang satu ini? Yuk, kita simak bersama-sama resepnya!

Sebelum kita mulai, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Untuk masakan udang balado, kita akan membutuhkan:

1. Udang segar (pilih ukuran sesuai selera)2. Bawang merah (sekitar 5 siung)3. Bawang putih (sekitar 3 siung)4. Cabai merah keriting (sekitar 7 buah, sesuai selera tingkat kepedasan)5. Cabai rawit merah (sekitar 5 buah, sesuai selera tingkat kepedasan)6. Tomat merah (sekitar 2 buah)7. Gula pasir (1 sendok teh)8. Garam (secukupnya)9. Air jeruk nipis (1 sendok makan)10. Minyak goreng (secukupnya)

Setelah semua bahan siap, kita bisa langsung memulai proses memasaknya. Pertama-tama, kita harus membersihkan udang terlebih dahulu. Cuci bersih udang dengan air mengalir dan buang bagian kepala dan kulitnya. Setelah itu, lumuri udang dengan air jeruk nipis dan garam secukupnya. Diamkan selama beberapa menit agar udang terasa lebih segar dan tidak berbau amis.

Selanjutnya, kita akan membuat bumbu untuk udang balado. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, dan cabai rawit merah dengan menggunakan blender atau ulek dengan cobek. Jika kamu tidak terlalu suka pedas, kamu bisa mengurangi jumlah cabainya sesuai dengan selera.

Setelah bumbu halus terbentuk, panaskan minyak secukupnya di dalam wajan. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi hingga harum dan berubah warna menjadi agak kecokelatan. Tambahkan tomat yang sudah dipotong-potong kecil-kecil dan aduk merata. Masak tomat hingga menjadi lembut dan matang.

Selanjutnya, masukkan udang yang sudah dibersihkan tadi ke dalam wajan. Aduk rata agar bumbu meresap ke dalam udang. Tambahkan gula pasir dan sedikit garam sesuai dengan selera. Masak udang hingga berubah warna menjadi merah jambu dan matang sempurna. Jangan terlalu lama memasaknya agar udang tidak terlalu keras.

Udang balado siap disajikan! Kamu bisa menikmatinya dengan nasi putih hangat atau nasi goreng. Jika ingin lebih menggoda, tambahkan sedikit daun bawang atau daun kemangi sebagai garnish di atas hidangan udang baladomu.

Selamat mencoba dan menikmati hidangan udang balado yang lezat ini, Sobat Info Negeri! Pastikan untuk menghidangkan masakan ini dalam keadaan hangat agar cita rasanya tetap terjaga. Udang balado merupakan hidangan yang cocok untuk dinikmati bersama keluarga di saat santai atau bahkan saat ada tamu yang berkunjung.

Selain rasanya yang lezat, udang balado juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Udang kaya akan protein, sementara cabai merah mengandung vitamin C yang tinggi. Jadi, kamu tidak perlu khawatir untuk menikmati hidangan ini secara teratur.

Demikianlah artikel tentang cara memasak udang balado yang lezat dan menggugah selera. Semoga resep ini bermanfaat bagi Sobat Info Negeri dan dapat menjadi menu favorit di rumah. Selamat memasak dan selamat menikmati hidangan!