cara masak ayam balado

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar? Saya harap kalian baik-baik saja dan selalu siap untuk mencoba resep masakan baru. Kali ini, kita akan membahas tentang cara masak ayam balado, sebuah hidangan khas Indonesia yang menggugah selera. Siapa yang tidak suka dengan ayam yang pedas dan gurih? Jadi, mari kita mulai!

Ayam balado adalah hidangan yang terkenal di Indonesia, terutama di daerah Sumatera Barat. Rasanya yang pedas dan sedikit manis membuat hidangan ini sangat populer di kalangan pecinta makanan pedas. Ayam balado biasanya disajikan dengan nasi putih hangat dan lalap seperti mentimun dan tomat. Nikmatnya sensasi gurih dan pedas yang memanjakan lidah kita, membuat hidangan ini sulit untuk ditolak.

Untuk membuat ayam balado, berikut adalah bahan-bahan yang perlu kita siapkan:

– 1 ekor ayam, potong menjadi beberapa bagian- 5 buah cabai merah keriting, iris tipis- 10 buah cabai rawit merah, iris tipis (sesuaikan dengan tingkat kepedasan yang diinginkan)- 5 siung bawang merah, iris tipis- 4 siung bawang putih, iris tipis- 2 batang serai, memarkan- 4 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya- 2 buah tomat, potong-potong- 2 sendok makan kecap manis- 1 sendok makan gula merah, serut- Garam secukupnya- Minyak goreng secukupnya

Setelah semua bahan disiapkan, mari kita mulai memasak ayam balado yang lezat ini.

Langkah pertama adalah menggoreng potongan ayam hingga kecokelatan. Pastikan ayam matang sempurna dan kulitnya renyah. Setelah itu, tiriskan ayam dan sisihkan.

Selanjutnya, panaskan sedikit minyak goreng dalam wajan. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum dan berubah warna menjadi kecokelatan. Tambahkan cabai merah keriting dan cabai rawit merah, serai, dan daun jeruk. Aduk rata dan masak hingga cabai layu dan harum.

Kemudian, masukkan potongan ayam yang telah digoreng tadi ke dalam wajan. Aduk rata dengan bumbu dan biarkan ayam tercampur merata dengan cabai dan bumbu lainnya.

Selanjutnya, tambahkan potongan tomat, kecap manis, gula merah, dan garam secukupnya. Aduk rata dan masak hingga semua bumbu meresap ke dalam daging ayam. Pastikan ayam matang sempurna dan bumbu tercampur merata.

Setelah itu, angkat ayam balado dari wajan dan sajikan dengan nasi putih hangat serta lalapan seperti mentimun dan tomat. Ayam balado siap disantap!

Selamat mencoba, Sobat Info Negeri! Ayam balado yang pedas dan gurih ini sangat cocok disantap saat makan siang atau makan malam. Jika kalian menyukai makanan pedas, hidangan ini akan menjadi favorit kalian. Jangan lupa menyesuaikan jumlah cabai rawit sesuai dengan tingkat kepedasan yang diinginkan.

Tak hanya enak, ayam balado juga memiliki manfaat bagi tubuh kita. Cabai merah yang menjadi bahan utama ayam balado mengandung kapsaisin, senyawa yang dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, ayam juga merupakan sumber protein yang baik untuk pertumbuhan dan pemeliharaan otot.

Terlepas dari itu, pastikan juga untuk mengonsumsi hidangan ini dengan bijak. Jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsi makanan pedas jika kalian memiliki masalah pencernaan atau maag. Selalu dengarkan tubuh kalian dan makan secukupnya.

Demikianlah artikel tentang cara masak ayam balado ini. Semoga kalian menikmatinya dan dapat mencoba resep ini di rumah. Selamat memasak dan selamat menikmati hidangan pedas nan gurih ini, Sobat Info Negeri!