• Wed. Jul 17th, 2024

cara masak sotong hitam

BySaputra

Nov 15, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Bagaimana kabar kalian hari ini? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang salah satu hidangan lezat yang menjadi favorit banyak orang, yaitu “cara masak sotong hitam”. Siapa sih yang tidak suka dengan sotong hitam yang gurih dan nikmat ini? Nah, untuk kalian yang ingin mencoba memasaknya di rumah, yuk simak artikel ini sampai selesai!

Sotong hitam adalah salah satu hidangan laut yang cukup populer di Indonesia. Biasanya, sotong hitam disajikan dalam bentuk tumis dengan saus hitam yang khas. Hidangan ini memiliki rasa yang gurih, pedas, dan sedikit manis yang membuatnya begitu menggugah selera. Tidak heran jika banyak orang menyukainya.

Untuk membuat sotong hitam yang enak, tentunya kita membutuhkan bahan-bahan yang segar dan berkualitas. Bahan utama yang tentunya tidak boleh terlewatkan adalah sotong segar. Pilihlah sotong yang masih segar dengan warna yang cerah dan kulit yang kenyal. Jika kalian tinggal di daerah pesisir, biasanya sotong segar mudah ditemukan di pasar atau toko ikan terdekat.

Selain sotong, ada beberapa bahan lain yang perlu kita siapkan. Di antaranya adalah bawang putih, bawang bombay, cabai merah besar, cabai rawit, saus tiram, kecap manis, gula pasir, garam, dan juga minyak goreng. Bahan-bahan ini biasanya mudah ditemukan di pasar atau toko bahan makanan terdekat. Pastikan kita mendapatkan ukuran bahan yang sesuai dengan selera kita.

Setelah semua bahan terkumpul, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan bahan dan peralatan yang akan digunakan. Cuci bersih sotong dan iris sesuai dengan keinginan kita. Jika kita suka sotong yang lebih besar, iris dalam ukuran yang agak tebal. Namun, jika kita lebih suka sotong yang lebih kecil, iris dalam ukuran yang lebih tipis. Iris juga bawang putih, bawang bombay, cabai merah besar, dan cabai rawit sesuai dengan selera.

Setelah semua bahan siap, kita bisa mulai memasak sotong hitam. Panaskan sedikit minyak goreng di atas wajan dengan api sedang. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Tambahkan cabai merah besar dan cabai rawit, aduk hingga layu. Kemudian, masukkan sotong yang sudah dipotong-potong, aduk hingga sotong berubah warna.

Setelah sotong berubah warna, tambahkan saus tiram, kecap manis, gula pasir, dan garam secukupnya. Aduk rata dan diamkan sejenak agar bumbu meresap ke dalam sotong. Setelah itu, tambahkan air secukupnya dan masak hingga sotong matang sempurna. Pastikan sotong tetap kenyal dan tidak terlalu lama dimasak agar tidak keras.

Sotong hitam yang nikmat dan lezat sudah siap untuk disajikan! Kalian bisa menyantapnya bersama nasi putih hangat atau bisa juga dijadikan pelengkap untuk hidangan lain, seperti mi atau bihun goreng. Rasanya yang gurih, pedas, dan sedikit manis akan membuat makanan kita semakin enak dan lezat.

Selain rasanya yang enak, sotong hitam juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Sotong mengandung protein tinggi yang penting untuk pertumbuhan dan perbaikan sel-sel dalam tubuh. Selain itu, sotong juga mengandung zat besi, kalsium, dan fosfor yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi.

Nah, itulah cara masak sotong hitam yang bisa kalian coba di rumah. Hidangan ini sangat cocok untuk kalian yang menyukai makanan laut dengan rasa yang gurih dan pedas. Selamat mencoba dan semoga berhasil! Jangan lupa untuk berbagi dengan teman-teman dan keluarga agar mereka juga bisa menikmati kelezatan sotong hitam ini. Terima kasih telah membaca artikel ini, Sobat Info Negeri!

By Saputra