olahan cumi hitam

Hello Sobat Info Negeri! Apakah kamu pecinta seafood? Jika iya, pasti kamu tidak asing dengan salah satu olahan cumi yang unik dan lezat, yaitu cumi hitam. Makanan yang satu ini memang menjadi favorit banyak orang, terutama di daerah pesisir. Cumi hitam memiliki citarasa yang khas dan tekstur yang kenyal, membuatnya menjadi hidangan yang tak bisa kamu lewatkan. Yuk, kita simak ulasan lengkapnya!

Cumi hitam, atau dalam bahasa Inggris disebut dengan “squid ink”, adalah salah satu jenis cumi yang memiliki pewarna alami berwarna hitam. Pewarna hitam ini disebabkan oleh cairan tinta yang terdapat di dalam tubuh cumi. Tinta cumi ini tidak hanya digunakan sebagai alat pertahanan, tetapi juga memberikan rasa khas pada masakan.

Salah satu olahan cumi hitam yang populer adalah “Pasta al Nero di Seppia”. Pasta ini berasal dari Italia, yang terbuat dari tepung terigu dan ditambahkan dengan tinta cumi hitam. Biasanya pasta ini dimasak dengan saus tomat, bawang putih, dan tambahan seafood seperti cumi, udang, atau kerang. Rasanya yang gurih dan sedikit keasinan membuatnya menjadi hidangan yang menggugah selera.

Namun, cumi hitam tidak hanya bisa dinikmati dalam pasta saja. Ada banyak cara lain untuk mengolah cumi hitam yang tidak kalah lezatnya. Salah satunya adalah dengan membuat cumi hitam goreng tepung. Cara ini adalah salah satu yang paling sederhana namun tetap menghasilkan hidangan yang lezat.

Untuk membuat cumi hitam goreng tepung, kamu perlu menyiapkan cumi hitam segar dan beberapa bahan pelengkap seperti tepung terigu, tepung bumbu, telur, dan rempah-rempah sesuai selera. Pertama-tama, bersihkan cumi hitam dan iris tipis-tipis. Selanjutnya, campurkan tepung terigu dan tepung bumbu dalam wadah yang terpisah, lalu kocok telur dalam wadah lainnya. Setelah itu, gulingkan iris cumi dalam tepung terigu, celupkan dalam kocokan telur, dan terakhir gulingkan kembali dalam tepung bumbu hingga rata. Goreng cumi dalam minyak panas hingga kecokelatan dan tiriskan. Sajikan cumi hitam goreng tepung dengan saus sambal atau mayones untuk tambahan rasa yang lebih nikmat.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba olahan cumi hitam dengan cara memasaknya dalam saus pedas. Salah satu masakan yang sering ditemui adalah cumi hitam dengan saus padang. Saus padang ini memiliki rasa pedas yang khas dan cocok dengan cumi hitam yang gurih. Untuk membuatnya, kamu perlu menumis bawang merah, bawang putih, dan cabai merah besar dalam minyak panas. Setelah itu, tambahkan cumi hitam yang telah dipotong-potong dan aduk rata. Tambahkan saus tomat, saus sambal, dan bumbu-bumbu lainnya seperti garam, gula, dan lada sesuai selera. Masak hingga matang dan sajikan cumi hitam dalam saus padang dengan nasi putih hangat. Rasanya yang pedas dan gurih akan membuatmu ketagihan!

Tidak hanya enak, cumi hitam juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Tinta cumi hitam mengandung senyawa bernama melanin, yang memiliki sifat antioksidan dan dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, cumi hitam juga mengandung zat besi, vitamin B12, dan omega-3 yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan sistem saraf.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai olahan cumi hitam yang lezat dan menggugah selera. Kamu bisa mencoba mengolah cumi hitam sesuai dengan selera dan kreasi kamu sendiri. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu, Sobat Info Negeri!