cara masak cumi cabe ijo

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar hari ini? Semoga semuanya baik-baik saja. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara masak cumi cabe ijo yang lezat dan menggugah selera. Cumi cabe ijo merupakan salah satu hidangan seafood yang populer di Indonesia. Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan proses yang relatif sederhana, kamu juga bisa mencoba untuk membuat hidangan ini di rumah. Yuk, simak cara masak cumi cabe ijo berikut ini!

Pertama-tama, tentu saja kita perlu menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Untuk membuat cumi cabe ijo, kamu akan membutuhkan cumi segar sebanyak 500 gram, cabai hijau besar 2 buah, bawang merah 3 siung, bawang putih 2 siung, jahe 1 ruas jari, garam secukupnya, gula secukupnya, kecap manis 2 sendok makan, minyak goreng 3 sendok makan, dan air matang 100 ml. Jika semua bahan sudah siap, kita bisa mulai memasak.

Langkah pertama adalah membersihkan cumi. Caranya, bersihkan cumi dari bagian dalamnya dan cuci hingga bersih. Setelah itu, tiriskan cumi agar tidak terlalu basah. Kemudian, iris cumi menjadi bagian yang lebih kecil sesuai selera. Jangan lupa, buang tulang cumi yang ada di dalamnya.

Selanjutnya, kita akan membuat bumbu untuk cumi cabe ijo. Haluskan bawang merah, bawang putih, dan jahe dengan menggunakan blender atau ulekan. Setelah halus, panaskan minyak goreng dalam wajan. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi hingga harum dan matang.

Setelah bumbu matang, masukkan cabai hijau yang sudah dipotong kecil-kecil ke dalam wajan. Aduk hingga cabai hijau tercampur rata dengan bumbu. Selanjutnya, tambahkan cumi yang sudah dipotong tadi ke dalam wajan. Aduk rata dan masak hingga cumi berubah warna menjadi putih.

Kemudian, tuangkan air matang ke dalam wajan. Tambahkan garam, gula, dan kecap manis. Aduk rata dan biarkan kuah cumi cabe ijo mendidih. Jika sudah mendidih, kecilkan api kompor dan biarkan cumi matang dan bumbu meresap selama beberapa menit.

Sambil menunggu cumi matang, kita bisa menyiapkan nasi putih sebagai pendamping cumi cabe ijo. Jika cumi sudah matang dan bumbunya meresap, matikan api kompor. Cumi cabe ijo siap disajikan!

Untuk penyajian, kamu bisa menata cumi cabe ijo di atas piring saji dan menghidangkannya bersama dengan nasi putih. Kamu juga bisa menambahkan irisan tomat dan seledri sebagai hiasan. Cumi cabe ijo siap disantap selagi masih hangat.

Selain nikmat, cumi cabe ijo juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Cumi mengandung banyak protein tinggi dan rendah kalori, sehingga cocok untuk kamu yang sedang menjalani program diet sehat. Cabai hijau juga mengandung vitamin C yang tinggi, sehingga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Jadi, kamu tidak hanya bisa menikmati rasanya yang lezat, tapi juga mendapatkan manfaat kesehatan dari hidangan ini.

Nah, itulah sobat cara masak cumi cabe ijo yang sederhana dan mudah untuk kamu coba di rumah. Selain rasanya yang lezat, cumi cabe ijo juga bisa menjadi hidangan yang spesial untuk keluarga tercinta. Jangan lupa untuk mencoba resep ini dan berbagi pengalamanmu dalam memasak cumi cabe ijo di kolom komentar. Selamat mencoba dan selamat menikmati hidanganmu!