• Thu. Jul 18th, 2024

masak cumi hitam

BySaputra

Jul 20, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Apakah kalian pecinta seafood? Jika iya, pasti sudah tidak asing lagi dengan menu masak cumi hitam yang lezat dan menggugah selera. Cumi hitam adalah salah satu hidangan yang menggabungkan rasa gurih dan legit dengan warna yang menggiurkan. Bagi kalian yang ingin mencoba masak cumi hitam sendiri di rumah, jangan khawatir! Artikel ini akan memberikan resep serta beberapa tips untuk membuat masakan yang lezat ini. Yuk, kita mulai!

Sebelum kita masuk ke dalam resep, ada baiknya kita mengenal lebih dalam tentang cumi hitam terlebih dahulu. Cumi hitam, atau sering juga disebut cumi-cumi, adalah salah satu jenis cumi-cumi yang memiliki kulit berwarna gelap atau hitam. Cumi hitam memiliki daging yang kenyal dan cita rasa yang khas. Biasanya, cumi hitam dapat ditemukan di perairan dangkal di sekitar pesisir. Bahkan, beberapa restoran seafood terkenal juga sering menyajikan hidangan cumi hitam ini sebagai menu andalannya.

Untuk membuat masakan cumi hitam yang lezat, kita membutuhkan beberapa bahan yang mudah didapatkan. Pertama-tama, kita membutuhkan cumi hitam segar sebanyak satu kilogram. Selain itu, kita akan memerlukan bawang putih sebanyak 5 siung yang telah dihaluskan, bawang bombay yang telah diiris tipis, cabai merah besar yang diiris serong, saus tiram sebanyak 3 sendok makan, kecap manis sebanyak 2 sendok makan, garam secukupnya, dan minyak goreng untuk menumis.

Langkah pertama dalam membuat masakan cumi hitam adalah membersihkan cumi hitam dengan benar. Pastikan cumi hitam telah dibersihkan dari kantong tinta dan organ dalamnya. Setelah itu, iris cumi hitam menjadi bagian-bagian kecil sesuai dengan selera. Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang, dan tumis bawang putih yang telah dihaluskan hingga harum. Tambahkan bawang bombay dan cabai merah besar, kemudian aduk hingga bawang bombay menjadi layu.

Setelah itu, masukkan cumi hitam ke dalam wajan dan aduk rata dengan bahan-bahan yang telah ada. Tambahkan saus tiram, kecap manis, dan garam secukupnya. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur merata. Setelah itu, tutup wajan dan biarkan cumi matang dengan api kecil selama sekitar 10-15 menit. Jangan lupa untuk sesekali mengaduk agar cumi matang secara merata.

Setelah cumi matang, periksa rasanya. Jika dirasa sudah pas, angkat cumi hitam dari wajan dan siap disajikan. Kamu bisa menyajikannya dengan nasi putih hangat dan irisan mentimun segar sebagai pelengkap. Selain itu, tambahkan juga taburan daun bawang iris untuk memberikan aroma segar pada masakan cumi hitammu. Selamat menikmati!

Tentunya, dengan mengikuti resep di atas, kamu bisa membuat masakan cumi hitam yang lezat di rumah. Namun, ada beberapa tips tambahan yang bisa kamu coba untuk menghasilkan masakan cumi hitam yang sempurna. Pertama, pastikan cumi hitam yang kamu beli segar. Pilih cumi hitam dengan kulit yang mengkilap dan aroma yang segar. Hindari membeli cumi hitam yang bau tidak sedap.

Selain itu, jangan terlalu lama memasak cumi hitam agar tidak membuat dagingnya menjadi keras. Cumi hitam yang matang sebaiknya tetap memiliki tekstur kenyal dan tidak terlalu lembut. Jika kamu menyukai rasa pedas, kamu bisa menambahkan cabai rawit merah ke dalam masakan cumi hitammu. Namun, jangan terlalu banyak menambahkan cabai agar tidak terlalu pedas dan menghilangkan rasa gurih dari cumi hitam itu sendiri.

Nah, itulah resep dan beberapa tips untuk membuat masakan cumi hitam yang lezat di rumah. Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi bagi kalian yang ingin mencoba masak cumi hitam sendiri. Selamat mencoba dan selamat menikmati hidangan seafood yang lezat ini!

By Saputra