cara masak ayam sambal

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar? Semoga kamu dalam keadaan baik-baik saja. Pada kesempatan kali ini, kita akan berbicara tentang sebuah resep yang pasti akan membuat perutmu bergemuruh kegirangan, yaitu “cara masak ayam sambal”. Siapa yang tidak suka dengan ayam sambal? Kombinasi sempurna antara ayam yang lezat dan sambal yang pedas akan membuat setiap suapan terasa begitu menggugah selera. Nah, tanpa berlama-lama lagi, mari kita simak cara lengkap untuk membuat hidangan yang menggugah selera ini.

Pertama-tama, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Untuk membuat ayam sambal, kamu akan membutuhkan ayam potong sesuai selera, bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, cabai rawit, terasi, gula merah, garam, dan penyedap rasa. Jika kamu menyukai rasa pedas yang lebih, kamu bisa menambahkan cabai rawit sesuai selera.

Setelah semua bahan tersedia, langkah berikutnya adalah menyiapkan bumbu. Pertama-tama, haluskan bawang merah dan bawang putih menggunakan blender atau ulekan. Setelah halus, tumis bumbu tersebut dengan sedikit minyak sampai harum. Kemudian, tambahkan cabai merah keriting yang sudah diiris tipis dan cabai rawit sesuai selera. Aduk rata dan biarkan bumbu tersebut matang sempurna.

Selanjutnya, masukkan ayam potong ke dalam tumisan bumbu yang sudah matang. Aduk rata hingga ayam terbalut dengan bumbu merah yang menggoda ini. Tutup wajan dan biarkan ayam matang sempurna, sekitar 20-30 menit. Jangan lupa sesekali membalik ayam agar masak merata dan bumbu meresap ke dalam daging ayam.

Sementara ayam matang, kita bisa menyiapkan bahan sambal terasi yang akan menambah cita rasa hidangan ini. Haluskan terasi dengan menggunakan blender atau ulekan. Jika kamu suka dengan rasa yang lebih halus, kamu bisa menambahkan sedikit air atau minyak goreng saat menghaluskannya. Setelah terasi halus, tumis terasi tersebut dengan sedikit minyak hingga harum. Tambahkan gula merah, garam, dan penyedap rasa secukupnya. Aduk rata dan sambal terasi pun siap untuk dihidangkan.

Setelah ayam matang dan sambal terasi siap, kita tinggal menyajikannya dengan cara yang menarik. Pindahkan ayam sambal ke dalam piring saji dan beri hiasan daun bawang atau seledri di atasnya. Sajikan juga dengan nasi putih hangat dan irisan mentimun segar sebagai pelengkapnya. Rasakan sensasi pedasnya yang menggigit dan lezatnya daging ayam yang empuk. Wah, pasti lidahmu akan bergoyang kegirangan!

Selain rasanya yang lezat, ayam sambal juga sangat kaya akan nutrisi. Ayam mengandung protein tinggi yang sangat baik untuk pertumbuhan dan pemeliharaan otot. Sedangkan cabai merah keriting dan cabai rawit mengandung capsaicin yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu melawan radikal bebas. Terasi juga mengandung asam amino, fosfor, dan zat besi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Nah, Sobat Info Negeri, itulah cara lengkap untuk membuat ayam sambal yang lezat dan menggugah selera. Kamu bisa mencoba resep ini di rumah dan menikmatinya bersama keluarga tercinta. Pastikan kamu memilih ayam segar dan bahan-bahan berkualitas untuk mendapatkan rasa yang maksimal. Selamat mencoba dan semoga hidanganmu selalu menjadi sajian yang disukai oleh semua orang. Sampai jumpa di artikel berikutnya!