cara masak sambal goreng ati

Hello Sobat Info Negeri! Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian dalam keadaan baik dan sehat selalu. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara masak sambal goreng ati, salah satu hidangan yang sangat terkenal di Indonesia. Siapkan peralatan dapur dan mari kita mulai memasak!

Sambal goreng ati merupakan hidangan yang terbuat dari hati ayam yang dimasak dengan bumbu sambal khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan gurih membuat hidangan ini sangat digemari oleh banyak orang. Selain itu, sambal goreng ati juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh, terutama zat besi dan protein.

Pertama-tama, kita harus menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sambal goreng ati ini. Bahan-bahan yang akan kita gunakan antara lain adalah 250 gram hati ayam, 3 sendok makan minyak goreng, 2 siung bawang putih (cincang halus), 5 buah cabai merah (iris tipis), 3 buah cabai rawit (sesuai selera), 2 lembar daun salam, 1 batang serai (memarkan), 1 sendok teh gula pasir, 1 sendok teh garam, 1/2 sendok teh merica bubuk, dan 200 ml air.

Langkah pertama adalah membersihkan hati ayam. Pastikan hati ayam telah bersih dari lemak dan pembuluh darah yang masih menempel. Setelah membersihkan hati ayam, potong-potong hati ayam menjadi ukuran kecil sesuai selera. Jika sudah, rendam hati ayam dengan air jeruk nipis selama sekitar 10 menit. Rendamannya akan membantu menghilangkan bau amis pada hati ayam.

Selanjutnya, panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Tumis bawang putih, cabai merah, cabai rawit, daun salam, dan serai hingga harum. Pastikan bumbu-bumbu tersebut tidak sampai gosong ya, Sobat Info Negeri! Jika sudah harum, masukkan potongan hati ayam dan aduk rata dengan bumbu.

Setelah itu, tambahkan garam, gula pasir, dan merica bubuk. Aduk rata dan biarkan hati ayam matang sempurna. Jika hati ayam sudah matang, tambahkan air dan aduk rata kembali. Biarkan sambal goreng ati mendidih dan meresap dengan baik.

Saat sambal goreng ati sudah mendidih, cicipi rasanya dan sesuaikan dengan selera. Jika kurang pedas, tambahkan cabai rawit sesuai dengan tingkat kepedasan yang diinginkan. Jika sudah pas, matikan api dan hidangan sambal goreng ati siap disajikan.

Sobat Info Negeri, sambal goreng ati siap disantap bersama nasi hangat dan lauk lainnya. Hidangan ini sangat cocok untuk dinikmati bersama keluarga atau teman-teman terdekat. Rasanya yang pedas dan gurih akan membuat makananmu semakin lezat dan menggugah selera.

Selain rasanya yang enak, sambal goreng ati juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Hati ayam yang merupakan bahan utama sambal goreng ati mengandung zat besi dan protein yang sangat baik untuk membantu pembentukan sel darah merah dan menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, cabai yang digunakan dalam sambal goreng ati juga mengandung capsaicin, senyawa yang dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Nah, Sobat Info Negeri, itulah cara masak sambal goreng ati yang sederhana tapi lezat. Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi bagi kalian yang ingin mencoba membuat hidangan ini di rumah. Selamat mencoba dan selamat menikmati hidangan sambal goreng ati!