• Sun. Jul 14th, 2024

ayam masak rica rica

BySaputra

Dec 26, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Bagaimana kabar kalian hari ini? Kali ini, kita akan membahas tentang sajian kuliner yang sangat populer di Indonesia, yaitu ayam masak rica-rica. Siapa di antara kalian yang tidak pernah mencicipi hidangan yang satu ini? Ayam masak rica-rica merupakan salah satu hidangan yang begitu lezat dan menggugah selera. Mari kita bahas lebih lanjut tentang resep dan cara membuatnya.

Ayam masak rica-rica merupakan hidangan khas dari Sulawesi Utara. Rica-rica sendiri adalah salah satu jenis bumbu masak yang memiliki rasa pedas dan segar. Hidangan ini terkenal dengan cita rasa pedas yang khas dan tidak hanya nikmat di lidah, tetapi juga bisa menambah nafsu makan. Tidak heran jika ayam masak rica-rica menjadi favorit banyak orang di Indonesia.

Untuk membuat ayam masak rica-rica, kita membutuhkan beberapa bahan yang mudah didapatkan di pasaran. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain: ayam potong sesuai selera, bumbu rica-rica yang terdiri dari cabai merah, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, serai, garam, dan gula. Selain itu, kita juga memerlukan air, minyak goreng, dan daun jeruk purut untuk memberikan aroma yang harum pada hidangan tersebut.

Pertama-tama, kita harus menyiapkan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan. Jangan lupa juga untuk mencuci bersih ayam sebelum dimasak. Setelah itu, panaskan minyak goreng dalam wajan dan tumis bumbu rica-rica hingga harum. Tambahkan ayam yang sudah dicuci bersih, aduk rata hingga ayam terbalut bumbu.

Selanjutnya, tambahkan air secukupnya dan masak hingga ayam matang sempurna. Jangan lupa untuk mencicipi kuahnya dan tambahkan garam serta gula secukupnya sesuai dengan selera. Setelah itu, masak kembali hingga kuah mengental dan bumbu meresap ke dalam daging ayam.

Saat penyajian, taburkan daun jeruk purut yang sudah dicincang halus untuk memberikan aroma yang segar. Ayam masak rica-rica siap disajikan dan dinikmati bersama nasi putih hangat. Rasakan sensasi pedas dan segarnya bumbu rica-rica yang melimpah pada setiap suapan ayam tersebut.

Ayam masak rica-rica sangat cocok dinikmati bersama keluarga ataupun teman-teman terdekat. Hidangan ini juga bisa menjadi sajian utama di acara spesial seperti acara keluarga atau makan malam bersama teman-teman. Jika kalian tidak terlalu menyukai hidangan pedas, kalian bisa mengurangi jumlah cabai rawit yang digunakan agar rasa pedasnya tidak terlalu kuat.

Selain memiliki rasa yang enak, ayam masak rica-rica juga memberikan manfaat bagi tubuh kita. Ayam merupakan sumber protein yang baik, sedangkan cabai memiliki kandungan capsaicin yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan mengonsumsi hidangan ini secara teratur, kita akan mendapatkan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

Dalam membuat artikel ini, saya harap dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi Sobat Info Negeri tentang ayam masak rica-rica. Jangan lupa untuk mencoba resep ini di rumah dan rasakan kelezatan hidangannya. Selamat mencoba dan semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam memasak hidangan yang lezat dan bergizi. Terima kasih telah membaca artikel ini, Sobat Info Negeri!

By Saputra