resep bumbu ayam rica rica

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar kalian hari ini? Semoga selalu sehat dan bahagia ya. Kali ini, kita akan membahas sebuah resep yang pasti membuat lidah kalian bergoyang, yaitu resep bumbu ayam rica-rica. Ayam rica-rica merupakan salah satu hidangan khas Indonesia yang memiliki cita rasa pedas dan nikmat. Jadi, bagi kalian yang suka dengan masakan pedas, jangan sampai kelewatan artikel ini!

Ayam rica-rica adalah salah satu hidangan yang berasal dari Sulawesi Utara, tepatnya Manado. Hidangan ini terkenal dengan penggunaan bumbu rica-rica yang khas dan membuat lidah bergoyang. Bumbu rica-rica terdiri dari campuran cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan beberapa bumbu lainnya yang memberikan sensasi pedas dan segar yang khas.

Langsung saja, berikut ini adalah resep bumbu ayam rica-rica yang bisa kalian coba di rumah:

Bahan-bahan:1. 1 ekor ayam, potong menjadi beberapa bagian2. 10 cabai merah besar, buang bijinya dan iris tipis3. 5 cabai rawit merah, iris halus4. 5 siung bawang merah, iris tipis5. 3 siung bawang putih, iris tipis6. 2 lembar daun jeruk, iris halus7. 2 batang serai, memarkan bagian putihnya8. 3 cm jahe, memarkan9. 3 cm lengkuas, memarkan10. 1 buah tomat merah, potong dadu11. 2 sendok makan minyak goreng12. Garam secukupnya13. Gula secukupnya

Cara membuat:1. Pertama-tama, panaskan minyak goreng di dalam wajan. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum.2. Masukkan cabai merah dan cabai rawit, aduk hingga layu.3. Tambahkan ayam yang sudah dipotong-potong, aduk rata hingga ayam berubah warna.4. Masukkan daun jeruk, serai, jahe, lengkuas, tomat merah, garam, dan gula. Aduk hingga tercampur rata.5. Tuangkan air secukupnya, lalu masak dengan api sedang hingga ayam matang dan bumbu meresap. Pastikan bumbu merata ke seluruh bagian ayam.6. Koreksi rasa, jika kurang pedas atau kurang asam, bisa ditambahkan cabai rawit atau air jeruk nipis sesuai selera.7. Angkat ayam rica-rica dan sajikan dengan nasi putih hangat.

Selamat mencoba resep bumbu ayam rica-rica yang pedas dan lezat ini, Sobat Info Negeri! Jangan lupa berbagi dengan keluarga atau teman kalian ya. Ayam rica-rica ini cocok disantap saat makan siang atau malam bersama dengan nasi putih dan beberapa lauk pendamping seperti telur dadar atau sayur bening.

Dengan mencoba resep ini di rumah, kamu bisa merasakan sensasi masakan pedas yang khas dari Manado tanpa perlu repot mencarinya di restoran. Selain itu, kamu juga bisa mengatur tingkat kepedasan sesuai selera, entah itu ekstra pedas atau sedikit lebih ringan.

Sekian artikel kali ini tentang resep bumbu ayam rica-rica. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi Sobat Info Negeri yang ingin mencoba masakan pedas ala Sulawesi Utara. Selamat memasak dan selamat menikmati hidangan lezat ini! Terima kasih telah membaca artikel ini, Sobat Info Negeri. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!