cara bikin roti kukus

Hello teman-teman pembaca artikel ini! Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan roti kukus, ya kan? Roti kukus adalah salah satu jenis roti yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia. Roti ini memiliki tekstur yang lembut dan empuk, serta aromanya yang begitu menggoda. Nah, kali ini saya akan membahas tentang cara bikin roti kukus yang mudah dan simpel. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai cara bikin roti kukus, tentunya kita harus menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang harus kamu siapkan:

Bahan Jumlah
Tepung Terigu 500 gram
Gula Pasir 150 gram
Air 350 ml
Telur 2 butir
Fermipan 2 sendok teh
Margarin 50 gram

Cara Bikin Roti Kukus

Setelah semua bahan-bahan sudah disiapkan, langsung saja kita mulai cara bikin roti kukus ini.1. Pertama-tama, campurkan tepung terigu, gula pasir, dan fermipan dalam sebuah wadah. Aduk rata.2. Tambahkan telur dan air sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan dengan menggunakan mixer atau pengocok telur. Lanjutkan pengadukan hingga adonan tercampur rata.3. Kemudian, tambahkan margarin dan uleni adonan hingga tercampur rata dan kalis.4. Setelah itu, diamkan adonan selama kurang lebih 1 jam hingga adonan mengembang.5. Setelah adonan mengembang, siapkan panci kukusan dan oleskan margarin di dinding-dinding panci untuk mencegah adonan menempel.6. Ambil adonan secukupnya dan bentuk sesuai selera. Kemudian, letakkan di atas loyang yang sudah dilapisi kertas roti.7. Setelah itu, tunggu adonan mengembang lagi selama kurang lebih 30 menit.8. Setelah adonan mengembang, kukus roti selama kurang lebih 15-20 menit.9. Setelah matang, angkat roti dan biarkan dingin.10. Roti kukus siap disajikan dan dinikmati dengan selai atau coklat.

Tips Membuat Roti Kukus yang Lezat

Agar hasil roti kukus yang kamu buat menjadi lebih lezat, kamu bisa mencoba tips-tips berikut:1. Gunakan tepung terigu protein sedang untuk menghasilkan tekstur roti yang lembut.2. Pastikan adonan tercampur rata dan kalis hingga saat diuleni tidak lengket di tangan.3. Diamkan adonan selama 1 jam agar mengembang dengan sempurna.4. Jangan terlalu sering membuka tutup panci saat mengukus roti agar tidak mengganggu proses pengembangan.5. Biarkan roti dingin terlebih dahulu sebelum disajikan agar teksturnya lebih kenyal.

Kesimpulan

Itulah cara bikin roti kukus yang mudah dan simpel. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan tips-tips yang diberikan, kamu bisa membuat roti kukus yang lezat dan empuk seperti yang kamu inginkan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!