tumis tempe

Hello, Sobat Info Negeri! Apa kabar? Kali ini, kita akan membahas tentang salah satu hidangan yang populer dan lezat di Indonesia, yaitu tumis tempe. Tumis tempe merupakan salah satu hidangan yang mudah dibuat serta memiliki rasa yang gurih dan menggugah selera. Tidak hanya itu, tumis tempe juga merupakan makanan yang sehat dan cocok untuk semua kalangan, baik itu vegetarian maupun non-vegetarian. So, mari kita simak bersama resep dan cara membuat tumis tempe yang enak dan sederhana.

Sebelum kita masuk ke dalam resep, kita perlu tahu terlebih dahulu mengenai bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat tumis tempe ini. Bahan-bahan yang biasanya digunakan antara lain adalah tempe, bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai hijau, saus tiram, kecap manis, gula pasir, air, garam, dan minyak untuk menggoreng tempe. Dengan bahan-bahan yang sederhana dan mudah ditemukan di pasaran, kita sudah bisa memulai proses pembuatan tumis tempe ini.

Langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah menggoreng tempe hingga kuning kecokelatan. Caranya cukup mudah, potong tempe menjadi ukuran yang sesuai dengan selera, kemudian goreng dengan minyak panas hingga matang. Setelah itu, tiriskan tempe agar minyak berlebih dapat terserap dengan baik. Dengan menggoreng tempe terlebih dahulu, kita akan mendapatkan tekstur yang renyah dan aroma yang semakin harum saat tumis tempe ini selesai.

Selanjutnya, kita akan membuat bumbu tumis yang akan membuat tumis tempe ini semakin lezat dan menggugah selera. Iris bawang merah dan bawang putih menjadi ukuran yang halus sesuai dengan selera. Setelah itu, iris cabai merah dan cabai hijau menjadi ukuran yang lebih besar agar memberikan sensasi pedas yang pas pada tumis tempe kita. Jika kamu tidak terlalu suka pedas, kamu bisa mengurangi jumlah cabai yang digunakan atau bahkan menghilangkannya sama sekali. Tapi hati-hati ya, karena cabai memberikan kelezatan dan keunikan pada tumis tempe ini.

Setelah semua bahan siap, kita dapat mulai memasak tumis tempe. Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum dan berubah warna menjadi kecokelatan. Kemudian, masukkan cabai merah dan cabai hijau yang telah diiris tadi, tumis hingga cabai layu dan mengeluarkan aroma yang sedap. Setelah itu, masukkan tempe yang telah digoreng tadi dan aduk rata dengan bumbu tumis.

Selanjutnya, kita akan memberikan bumbu-bumbu lainnya untuk meningkatkan cita rasa tumis tempe ini. Tambahkan saus tiram, kecap manis, gula pasir, dan garam sesuai dengan selera. Aduk rata hingga semua bumbu merata dan tempe terbalut dengan sempurna oleh bumbu tumis. Jangan lupa, tambahkan juga sedikit air agar tumis tempe ini tidak terlalu kering dan memberikan kelembutan pada tempe yang digunakan.

Diamkan tumis tempe dalam wajan selama beberapa menit agar semua bumbu meresap dengan sempurna. Dalam waktu singkat, tumis tempe pun siap dihidangkan. Kamu bisa menyajikannya bersama dengan nasi putih hangat atau sebagai lauk pendamping sayur-sayuran. Tumis tempe ini juga cocok untuk dijadikan sebagai lauk pauk dalam nasi kotak atau bekal makan siang di kantor atau sekolah.

Dengan rasa yang gurih, harum yang menggugah selera, dan tampilan yang menggiurkan, tumis tempe ini akan menjadi hidangan favorit di meja makanmu. Selain enak, tumis tempe juga mengandung banyak nutrisi penting seperti protein nabati, serat, dan berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Sehingga, tumis tempe ini adalah pilihan yang tepat untuk menjaga kesehatan dan kebutuhan nutrisi harian kita.

Jadi, Sobat Info Negeri, itu dia resep dan cara membuat tumis tempe yang enak dan sederhana. Tumis tempe ini cocok untuk menjadi hidangan sehari-hari yang lezat dan sehat. Jangan lupa untuk mencoba resep ini di rumah dan bagikan juga kepada keluarga dan teman-temanmu. Selamat mencoba dan semoga berhasil!