• Fri. Jul 12th, 2024

resep masakan dari tempe

BySaputra

Nov 21, 2023

Hello, Sobat Info Negeri! Apakah Sobat pernah mencoba masakan yang terbuat dari tempe? Tempe adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang terkenal dengan kandungan gizinya yang tinggi. Tidak hanya lezat, tetapi tempe juga bergizi dan cocok untuk semua orang, termasuk vegetarian. Di artikel ini, kami akan berbagi beberapa resep masakan kreatif yang bisa Sobat coba di rumah. Yuk, mari kita mulai!

1. Kentang Goreng TempeResep pertama yang akan kami bagikan adalah Kentang Goreng Tempe. Masakan ini sangat sederhana dan cocok untuk menjadi pelengkap makan siang atau makan malam. Bahan-bahannya cukup mudah ditemukan di pasar terdekat. Sobat hanya perlu menyiapkan kentang, tempe, tepung terigu, garam, merica, dan minyak goreng. Cara membuatnya pun sangat mudah, Sobat hanya perlu mengupas dan memotong kentang menjadi bentuk batang, kemudian menggorengnya bersama tempe yang sebelumnya dipotong tipis-tipis. Tambahkan sedikit garam dan merica untuk memberikan cita rasa yang lebih lezat. Kentang Goreng Tempe siap disajikan!

2. Tumis Tempe Pedas ManisJika Sobat menyukai makanan pedas, resep kedua ini sangat cocok untukmu. Tumis Tempe Pedas Manis memiliki rasa yang gurih dan pedas yang menggugah selera. Bahan-bahannya terdiri dari tempe, bawang putih, bawang merah, cabai merah, saus tomat, saus sambal, gula pasir, dan garam. Cara membuatnya pun sangat mudah, Sobat hanya perlu menumis bawang putih dan bawang merah hingga harum, kemudian tambahkan cabai merah yang telah diiris tipis. Setelah itu, masukkan tempe yang sebelumnya dipotong dadu dan aduk hingga tercampur sempurna. Tambahkan saus tomat, saus sambal, gula pasir, dan garam secukupnya. Aduk rata dan biarkan tumis tempe matang sempurna. Tumis Tempe Pedas Manis siap dinikmati!

3. Tempe MendoanResep ketiga adalah Tempe Mendoan. Mendoan merupakan salah satu makanan khas dari Jawa Tengah yang terbuat dari tempe tipis yang digoreng dengan adonan tepung yang spesial. Makanan ini sangat cocok dijadikan sebagai camilan atau lauk pendamping nasi. Bahan-bahannya meliputi tempe, tepung terigu, bawang putih, bawang merah, air, garam, ketumbar, dan minyak goreng. Cara membuatnya cukup mudah, Sobat hanya perlu membuat adonan tepung dengan mencampurkan tepung terigu, bawang putih, bawang merah, air, garam, dan ketumbar. Setelah itu, celupkan tempe tipis ke dalam adonan tepung dan goreng hingga kecoklatan. Tempe Mendoan siap disajikan dengan sambal atau saus kecap.

4. Sate TempeJika Sobat menyukai hidangan sate, resep Sate Tempe ini mungkin bisa dijadikan pilihan. Sate Tempe memiliki cita rasa yang mirip dengan sate ayam atau sate kambing, tetapi dengan bahan dasar tempe yang lebih sehat dan bersahabat bagi vegetarian. Bahan-bahannya terdiri dari tempe, bawang putih, bawang merah, kecap manis, garam, merica, minyak goreng, dan tusuk sate. Cara membuatnya pun cukup mudah, Sobat hanya perlu menumis bawang putih dan bawang merah hingga harum, kemudian tambahkan tempe yang telah dipotong dadu ke dalam tumisan bawang. Setelah tempe matang, tambahkan kecap manis, garam, dan merica secukupnya. Aduk rata dan tusukkan tempe yang telah dibumbui ke tusuk sate. Panggang sate tempe di atas bara api atau panggangan hingga matang dan berwarna kecoklatan. Sate Tempe siap dinikmati dengan saus kacang atau saus sambal.

Itulah beberapa resep masakan dari tempe yang bisa Sobat coba di rumah. Tempe sangat fleksibel dan bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan yang lezat dan bergizi. Selain itu, tempe juga mudah didapatkan dengan harga yang terjangkau. Jadi, jangan ragu untuk mencoba resep-resep di atas dan nikmati kelezatan tempe dalam berbagai variasi masakan. Selamat mencoba, Sobat Info Negeri!

By Saputra