resep olahan jantung pisang

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar? Pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi resep olahan yang unik dan lezat, yaitu resep olahan jantung pisang. Siapa sangka, pisang tidak hanya bisa dijadikan makanan penutup atau camilan, tetapi juga dapat diolah menjadi hidangan utama yang lezat dan bergizi. Penasaran? Yuk, simak artikel ini sampai habis!

Jantung pisang, seperti namanya, adalah bagian dalam dari batang pisang yang memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang enak. Jika kamu belum pernah mencoba hidangan ini sebelumnya, jantung pisang memiliki rasa yang mirip dengan jamur dan tekstur yang sedikit renyah. Bahan ini sangat serbaguna dan dapat diolah menjadi berbagai hidangan yang lezat. Mari kita mulai dengan salah satu resep olahan jantung pisang yang paling populer!

1. Gulai Jantung Pisang

Bahan-bahan:- 500 gram jantung pisang- 2 sendok makan minyak kelapa- 2 batang serai, memarkan- 4 lembar daun jeruk- 3 lembar daun salam- 3 cabai merah, iris tipis- 2 cm lengkuas,memarkan- 400 ml santan- 1 sendok teh gula merah, serut- Garam secukupnya

Cara membuat:1. Pertama, siapkan jantung pisang yang telah dicuci bersih dan iris menjadi potongan kecil.2. Panaskan minyak kelapa dalam wajan. Tumis serai, daun jeruk, daun salam, cabai merah, dan lengkuas sampai harum.3. Tambahkan jantung pisang ke dalam wajan dan aduk rata dengan bumbu yang telah ditumis.4. Tuangkan santan ke dalam wajan dan masak dengan api sedang hingga santan mendidih.5. Setelah itu, tambahkan gula merah, garam, dan aduk rata.6. Masak gulai dengan api kecil hingga jantung pisang empuk dan bumbu meresap.7. Angkat dan hidangkan gulai jantung pisang selagi hangat.

Gulai jantung pisang ini memiliki rasa yang kaya dan gurih. Kamu dapat menikmatinya dengan nasi hangat atau ketupat. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan bahan-bahan lain seperti daging sapi atau ayam untuk variasi lebih lanjut.

2. Sate Jantung Pisang

Bahan-bahan:- 500 gram jantung pisang- 2 sendok makan kecap manis- 2 sendok makan minyak wijen- 2 sendok makan air jeruk nipis- 3 siung bawang putih, haluskan- 1 sendok teh gula merah, serut- Garam secukupnya- Tusuk sate secukupnya

Cara membuat:1. Pertama, iris jantung pisang menjadi potongan kecil.2. Rendam potongan jantung pisang dalam air garam selama 15 menit untuk menghilangkan kegetiran.3. Campurkan kecap manis, minyak wijen, air jeruk nipis, bawang putih, gula merah, dan garam dalam wadah.4. Tambahkan potongan jantung pisang ke dalam campuran bumbu, aduk rata, dan diamkan selama 30 menit agar bumbu meresap.5. Tusukkan potongan jantung pisang yang telah direndam dengan tusuk sate.6. Panggang sate jantung pisang di atas panggangan dengan api sedang, sambil sesekali dioles dengan sisa bumbu hingga matang dan berwarna kecokelatan.7. Angkat dan sajikan sate jantung pisang dengan saus sambal atau saus kacang.

Sate jantung pisang ini merupakan hidangan yang cocok sebagai menu makan malam atau hidangan pembuka dalam acara keluarga. Rasanya yang enak dan teksturnya yang unik akan membuat siapa pun yang mencobanya ingin mencicipi lagi.

Itulah dua resep olahan jantung pisang yang bisa kamu coba di rumah. Selain enak, hidangan ini juga memiliki nilai gizi yang tinggi. Jantung pisang mengandung serat yang baik untuk pencernaan, serta berbagai vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mencoba hidangan yang satu ini.

Sekian artikel kali ini mengenai resep olahan jantung pisang. Semoga bermanfaat dan menginspirasi Sobat Info Negeri dalam mencoba resep-resep baru. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan keluarga agar mereka juga dapat menikmati hidangan yang lezat ini. Selamat mencoba dan selamat menikmati!