cara masak jantung pisang tumis

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar? Semoga kalian semua dalam keadaan yang baik-baik saja. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara masak jantung pisang tumis. Bagi pecinta kuliner, jantung pisang tumis mungkin sudah tidak asing lagi. Mungkin beberapa dari kalian pernah mencobanya di restoran atau warung makan favorit. Tapi tahukah kalian bahwa kalian juga bisa membuatnya sendiri di rumah? Yuk, simak cara masak jantung pisang tumis berikut ini!

Sebelum masuk ke dalam resep, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu jantung pisang. Jantung pisang merupakan bagian dalam dari batang pisang yang berada di bagian bawah kelopak daun pisang. Biasanya, jantung pisang dijadikan sebagai bahan utama dalam olahan tumis. Selain memiliki tekstur yang kenyal, jantung pisang juga kaya akan serat dan memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh.

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Berikut adalah daftar bahan untuk membuat jantung pisang tumis:

– 2 batang jantung pisang- 2 siung bawang putih, cincang halus- 1 buah bawang bombay, iris tipis- 1 buah cabai merah besar, iris serong- 1 buah cabai hijau besar, iris serong- 2 batang daun bawang, iris serong- 1 sendok makan saus tiram- 1 sendok teh kecap manis- Garam secukupnya- Merica secukupnya- Minyak goreng secukupnya

Setelah semua bahan terpenuhi, kita bisa memulai proses memasak jantung pisang tumis. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Pertama, siapkan panci dan rebus air dalam panci tersebut. Tujuannya adalah untuk merebus jantung pisang agar teksturnya lebih empuk dan mudah diolah. Masukkan jantung pisang yang telah dicuci bersih ke dalam panci dan rebus hingga matang. Setelah matang, tiriskan jantung pisang dan iris-iris sesuai selera.

2. Selanjutnya, panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Tumis bawang putih hingga harum dan berubah warna menjadi kecokelatan.

3. Masukkan bawang bombay, cabai merah, dan cabai hijau ke dalam wajan. Tumis hingga bawang bombay menjadi layu dan cabai sedikit layu.

4. Tambahkan jantung pisang yang telah diiris ke dalam wajan. Aduk rata dengan bumbu dan sayuran yang sudah ada di dalamnya.

5. Berikutnya, tambahkan saus tiram, kecap manis, garam, dan merica secukupnya ke dalam tumisan. Aduk rata agar bumbu meresap ke dalam jantung pisang.

6. Terakhir, masukkan daun bawang ke dalam wajan. Aduk sebentar hingga jantung pisang matang sempurna dan daun bawang layu.

Setelah proses memasak selesai, jantung pisang tumis siap disajikan. Kalian bisa menyajikannya selagi masih hangat dan nikmati dengan nasi putih hangat. Rasanya yang gurih dan sedikit pedas akan membuat hidangan ini semakin lezat.

Jantung pisang tumis bukan hanya enak, tetapi juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Kandungan serat di dalamnya dapat membantu melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan usus. Selain itu, jantung pisang juga mengandung vitamin C dan kalium yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh.

Itulah cara masak jantung pisang tumis yang bisa kalian coba di rumah. Selain praktis, membuat sendiri jantung pisang tumis juga bisa menghemat pengeluaran di luar. Yuk, coba resep ini di dapur kalian sendiri dan rasakan kelezatannya! Semoga berhasil dan selamat mencoba, Sobat Info Negeri!