resep olahan cumi asin

Hello Sobat Info Negeri! Terima kasih sudah berkunjung ke halaman ini. Kali ini kita akan membahas tentang resep olahan cumi asin yang lezat dan praktis. Cumi asin merupakan salah satu hidangan yang cukup populer di Indonesia. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang kenyal membuat cumi asin menjadi hidangan yang disukai banyak orang. Nah, sebelum kita melangkah lebih jauh, yuk simak resepnya berikut ini!

Sebelum memasak cumi asin, ada beberapa bahan yang perlu kita siapkan terlebih dahulu. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain:

1. Cumi segar2. Garam secukupnya3. Minyak goreng secukupnya4. Bawang putih, cincang halus5. Bawang merah, cincang halus6. Cabai merah, iris halus (opsional)7. Kecap manis secukupnya8. Air perasan jeruk limau secukupnya

Setelah semua bahan siap, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membersihkan cumi. Pastikan cumi yang digunakan benar-benar segar dan bersih. Bersihkan cumi dari bagian dalamnya dan keluarkan semua isi perutnya. Kita juga perlu membersihkan kulit dan sisa kotoran dari tubuh cumi. Setelah itu, bilas cumi dengan air bersih dan tiriskan.

Setelah cumi bersih, kita bisa melakukan proses pengasinan. Pertama-tama, lumuri cumi dengan garam secara merata. Pastikan semua bagian cumi terbalut garam dengan baik. Setelah itu, diamkan cumi dalam kulkas selama minimal 1 jam atau hingga cumi menjadi lebih kaku dan kering.

Setelah cumi mengeras, kita bisa memulai proses penggorengan. Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Tumis bawang putih, bawang merah, dan cabai merah (jika menggunakan) hingga harum dan matang. Kemudian, tambahkan cumi ke dalam wajan dan goreng hingga warnanya berubah menjadi kecokelatan. Pastikan cumi matang merata dan jangan terlalu lama menggorengnya agar cumi tidak keras.

Setelah cumi matang, angkat dan tiriskan dari minyak. Sajikan cumi asin dengan ditambahkan kecap manis dan air perasan jeruk limau. Rasakan kelezatan cumi asin yang gurih dan kenyal sekarang juga!

Cumi asin yang lezat ini bisa menjadi hidangan pendamping saat makan siang atau makan malam. Rasanya yang unik dan gurih akan membuat hidangan Anda semakin spesial. Selain itu, resep ini juga cukup praktis dan dapat menjadi pilihan yang tepat saat Anda sedang ingin mencoba sesuatu yang berbeda.

Tentu saja, dalam mengolah cumi asin ini, Anda juga bisa menambahkan variasi bumbu sesuai dengan selera. Anda bisa mencoba menambahkan bawang bombay, jahe, atau rempah-rempah lain yang Anda suka. Hal ini akan memberikan aroma dan cita rasa yang berbeda pada olahan cumi asin Anda.

Nah, itulah resep olahan cumi asin yang lezat dan praktis. Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi bagi Anda untuk mencoba memasak hidangan yang berbeda. Selamat mencoba dan semoga berhasil!