resep bumbu urap jawa pedas

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar kalian hari ini? Saya harap semuanya baik-baik saja dan selalu bersemangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi dengan kalian sebuah resep bumbu urap Jawa pedas yang tentunya akan menggugah selera kalian. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Urap adalah salah satu hidangan tradisional Indonesia yang sangat populer dan memiliki rasa yang lezat. Hidangan ini terbuat dari berbagai macam sayuran segar yang diolah dengan bumbu khas Jawa. Rasanya yang gurih dan sedikit pedas pasti akan membuat kalian ketagihan!

Langsung saja, berikut adalah resep bumbu urap Jawa pedas yang dapat kalian coba di rumah:

Bahan-bahan yang dibutuhkan:1. 200 gram kacang panjang, potong-potong2. 200 gram taoge3. 2 ikat daun kemangi4. 2 ikat daun melinjo, petiki daunnya5. 2 ikat daun singkong, petiki daunnya6. 100 gram kelapa parut, sangrai7. 2 lembar daun jeruk8. 2 batang serai, memarkan9. 3 buah cabai merah, iris tipis10. 2 buah cabai rawit, iris tipis11. 3 siung bawang putih, haluskan12. 2 cm kencur, haluskan13. 1 sdt terasi, bakar sebentar

Cara membuat:1. Rebus kacang panjang dalam air mendidih selama 2-3 menit, lalu tiriskan.2. Siapkan wajan, tumis cabai merah, cabai rawit, bawang putih, kencur, dan terasi hingga harum.3. Masukkan daun kemangi, daun melinjo, daun singkong, daun jeruk, dan serai. Aduk rata.4. Masukkan kacang panjang dan taoge, aduk hingga sayuran tercampur dengan bumbu.5. Tambahkan kelapa parut sangrai, aduk rata hingga semua bahan tercampur merata.6. Angkat dan hidangkan.

Urap Jawa pedas siap disajikan! Hidangan ini cocok disantap sebagai lauk pendamping nasi hangat atau bisa juga dijadikan sebagai menu utama untuk vegetarian. Selain rasanya yang lezat, urap Jawa pedas ini juga kaya akan nutrisi karena menggunakan berbagai macam sayuran segar.

Selain itu, bumbu urap Jawa pedas juga dapat disesuaikan dengan selera kalian. Jika kalian menyukai makanan yang lebih pedas, bisa menambahkan cabai rawit sesuai selera. Begitu juga sebaliknya, jika kalian tidak terlalu tahan pedas, bisa mengurangi jumlah cabai merah dan cabai rawit.

Selamat mencoba resep bumbu urap Jawa pedas ini di rumah, Sobat Info Negeri! Saya yakin kalian akan berhasil membuat hidangan yang lezat dan menyehatkan. Jangan lupa untuk berbagi dengan keluarga dan teman-teman kalian agar semakin meriah dan nikmat saat disantap bersama.

Terima kasih telah membaca artikel ini, Sobat Info Negeri! Semoga resep bumbu urap Jawa pedas ini dapat menjadi referensi bagi kalian yang ingin mencoba hidangan tradisional yang lezat dan sederhana. Selamat memasak dan menikmati sajian yang sudah kalian buat dengan penuh cinta dan semangat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!