• Thu. Jul 18th, 2024

resep masak habang

BySaputra

Nov 15, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar kalian hari ini? Semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan bahagia ya. Kali ini, kita akan membahas tentang resep masak habang, sebuah hidangan khas Indonesia yang sangat lezat. Jika kalian penyuka makanan pedas, maka hidangan ini adalah pilihan yang tepat untuk kalian coba. Jadi, jangan lewatkan artikel ini dan mari kita mulai!

Habang, atau juga sering disebut dengan sebutan “babi habang” adalah hidangan tradisional dari daerah Bali, Nusa Tenggara Barat, dan sekitarnya. Hidangan ini terkenal dengan cita rasa pedas yang khas dan aroma rempah yang menggugah selera. Biasanya, bahan utama dalam resep masak habang adalah daging babi yang dipadukan dengan berbagai bumbu dan rempah-rempah.

Untuk membuat hidangan habang, pertama-tama kita perlu menyiapkan bahan-bahan yang akan digunakan. Bahan utamanya tentu saja daging babi yang segar dan lezat. Selain itu, kita juga memerlukan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, jahe, cabai merah, cabai rawit, kemiri, terasi, dan lengkuas. Jangan lupa juga untuk menambahkan rempah-rempah seperti serai, daun salam, daun jeruk, dan daun kunyit yang akan memberikan aroma harum pada hidangan kita.

Setelah semua bahan-bahan terkumpul, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan bumbu yang akan digunakan. Pertama-tama, haluskan bawang merah, bawang putih, jahe, cabai merah, cabai rawit, kemiri, terasi, dan lengkuas dengan menggunakan blender atau ulekan. Setelah itu, panaskan minyak goreng dalam wajan dan tumis bumbu yang telah dihaluskan tersebut hingga harum.

Setelah bumbu terasa harum, masukkan daging babi yang telah dipotong-potong ke dalam wajan. Tambahkan serai, daun salam, daun jeruk, dan daun kunyit ke dalam wajan. Aduk rata semua bahan dan biarkan daging babi meresap semua bumbu dan rempah-rempah. Setelah itu, tambahkan air secukupnya dan biarkan hidangan mendidih hingga daging babi empuk dan bumbu meresap dengan baik.

Selama hidangan habang sedang mendidih, jangan lupa untuk mencicipi kuahnya. Jika kalian merasa kuahnya terlalu pedas, kalian bisa menambahkan gula merah atau gula pasir untuk menetralkan rasa pedasnya. Namun, jika kalian menyukai makanan pedas, kalian bisa menambahkan cabai rawit sesuai dengan selera kalian.

Setelah hidangan habang matang dan daging babinya empuk, angkat dan sajikan dalam piring saji. Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi putih hangat dan lauk pendamping seperti sambal terasi, sayur urap, dan telur rebus. Nikmati hidangan habang yang pedas dan lezat ini bersama keluarga atau teman-teman kalian.

Selain rasanya yang lezat, hidangan habang juga memiliki nilai historis dan budaya yang tinggi. Hidangan ini telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Bali dan Nusa Tenggara Barat selama bertahun-tahun. Oleh karena itu, saat kalian mencicipi hidangan ini, kalian juga ikut merasakan kekayaan budaya Indonesia yang begitu beragam.

Nah, itulah resep masak habang yang bisa kalian coba di rumah. Hidangan ini akan menjadi pilihan yang tepat jika kalian ingin menikmati makanan pedas yang lezat. Jangan lupa untuk mempersiapkan semua bahan dengan baik dan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan. Selamat mencoba dan semoga hidangan habang kalian menjadi kesukaan semua orang di rumah!

By Saputra