resep bumbu rawon daging sapi

Hello Sobat Info Negeri! Bagaimana kabar kalian semua? Semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan bahagia. Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi resep bumbu rawon daging sapi yang lezat dan menggugah selera. Rawon merupakan salah satu masakan tradisional Indonesia yang terkenal dengan kelezatannya. Dengan menggunakan bumbu yang tepat, rawon dapat menjadi hidangan yang menggoda selera dan cocok disajikan dalam berbagai acara, termasuk saat makan malam bersama keluarga. Yuk, simak resepnya!

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat rawon daging sapi ini tidak terlalu sulit didapatkan. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

– 500 gram daging sapi, potong menjadi beberapa bagian- 2 liter air- 4 lembar daun jeruk purut- 3 batang serai, memarkan- 4 lembar daun salam- 2 sendok makan minyak goreng- 2 sendok makan garam- 1 sendok makan gula merah, serut halus- 1 sendok teh terasi, bakar sebentar- 1 sendok makan air asam jawa- 1 sendok teh air jeruk nipis

Bumbu halus yang perlu disiapkan adalah:- 8 butir bawang merah- 4 siung bawang putih- 5 butir kemiri, sangrai sebentar- 2 sendok teh ketumbar- 1 sendok teh jintan- 1 sendok teh merica butiran- 1 sendok teh lada hitam

Setelah semua bahan telah tersedia, kita bisa memulai proses membuat rawon daging sapi yang enak ini. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Pertama-tama, tumis bumbu halus yang telah dihaluskan dengan minyak goreng hingga harum dan matang.

2. Tambahkan daun jeruk purut, serai, dan daun salam ke dalam tumisan bumbu. Aduk rata hingga bumbu tercampur sempurna.

3. Masukkan potongan daging sapi ke dalam tumisan bumbu dan aduk rata hingga daging terbalut dengan bumbu secara merata.

4. Tuangkan air secukupnya ke dalam panci dan masak daging sapi dengan api kecil hingga empuk. Diamkan selama kurang lebih 1 jam hingga bumbu meresap ke dalam daging.

5. Setelah daging empuk, tambahkan garam, gula merah, terasi bakar, air asam jawa, dan air jeruk nipis ke dalam panci. Aduk rata dan biarkan mendidih selama beberapa saat hingga bumbu tercampur dengan sempurna.

6. Koreksi rasa sesuai selera. Jika kurang gurih, tambahkan sedikit garam. Jika kurang asam, tambahkan air asam jawa atau air jeruk nipis sesuai selera.

7. Terakhir, hidangkan rawon daging sapi dalam mangkuk dengan tambahan sambal, kerupuk, dan irisan daun bawang sebagai pelengkapnya. Selamat menikmati rawon daging sapi yang lezat!

Rawon daging sapi merupakan hidangan yang cocok disantap dengan nasi hangat. Rasanya yang gurih dan kaya rempah membuat hidangan ini menjadi favorit banyak orang. Selain itu, rawon juga bisa disimpan dalam freezer dan dimakan kapan saja saat sedang dilanda rasa lapar.

Bumbu-bumbu yang digunakan dalam resep ini memberikan aroma dan cita rasa yang khas pada rawon. Jangan ragu untuk mencoba resep ini di rumah dan berbagi dengan keluarga tercinta. Semoga resep ini bisa menjadi sajian istimewa di meja makan Sobat Info Negeri.

Demikianlah resep bumbu rawon daging sapi yang dapat saya bagikan kali ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil! Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan saat memasak. Sampai jumpa di artikel berikutnya!