cara masak rawon daging sapi bumbu jadi

Hello Sobat Info Negeri! Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kamu sedang dalam keadaan baik dan siap untuk mendapatkan resep masakan baru yang lezat! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara masak rawon daging sapi bumbu jadi yang pasti akan memanjakan lidahmu. Jadi, siapkan dirimu untuk petualangan kuliner yang menggugah selera!

Rawon adalah salah satu hidangan khas Jawa Timur yang sangat terkenal di Indonesia. Hidangan ini memiliki citarasa gurih dan beraroma sedap. Biasanya, rawon disajikan dengan nasi putih dan dilengkapi dengan pelengkap seperti tauge, daun bawang, sambal terasi, dan emping. Dalam proses pembuatannya, rawon menggunakan bumbu khas yang membuatnya begitu istimewa.

Sebelum kita mulai memasak, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Berikut adalah daftar bahan-bahan yang kamu perlukan untuk membuat rawon daging sapi bumbu jadi:

– 500 gram daging sapi, potong kecil-kecil- 1 batang serai, memarkan- 2 lembar daun salam- 3 lembar daun jeruk- 1 ruas lengkuas, memarkan- 3 lembar daun kunyit, diiris halus- 3 sendok makan minyak goreng- 2 liter air kelapa- 2 sendok makan gula merah, serut halus- 2 sendok teh garam- 1 sendok makan air asam jawa- 1 sendok teh terasi, sangrai- 3 sendok makan bumbu rawon instan- 5 butir bawang merah, haluskan- 3 siung bawang putih, haluskan- 5 butir kemiri, haluskan

Setelah semua bahan telah disiapkan dengan baik, langkah selanjutnya adalah mulai memasak. Panaskan minyak goreng dalam panci di atas api sedang. Tumis bumbu halus (bawang merah, bawang putih, dan kemiri) hingga harum dan matang. Tambahkan serai, daun salam, daun jeruk, lengkuas, dan daun kunyit. Aduk rata dan masak selama beberapa menit hingga bumbu terasa matang.

Selanjutnya, masukkan potongan daging sapi ke dalam panci dan aduk hingga daging berubah warna menjadi cokelat kehitaman. Tuangkan air kelapa ke dalam panci dan biarkan mendidih. Setelah mendidih, tambahkan bumbu rawon instan, gula merah serut, garam, serta terasi yang telah disangrai. Aduk rata dan biarkan bumbu meresap ke dalam daging sapi.

Setelah itu, tutup panci dan biarkan rawon matang dengan api kecil selama sekitar 2-3 jam. Pastikan untuk sesekali memeriksa masakanmu dan aduk agar bumbu merata. Jika bumbu terasa kurang kuat, kamu bisa menambahkan bumbu rawon instan secara bertahap sesuai selera.

Setelah rawon matang, cicipi rasanya dan sesuaikan garam dan gula merah sesuai selera. Jika dirasa sudah pas, tambahkan air asam jawa untuk memberikan sentuhan asam yang menyegarkan. Aduk rata dan biarkan sebentar sebelum menyajikan.

Saatnya menyantap hidangan lezat ini! Ambil piring saji, beri nasi putih di tengahnya, dan tuangkan rawon di sekelilingnya. Taburkan tauge, daun bawang, serta sambal terasi di atasnya untuk memberikan sentuhan asam dan pedas yang khas. Jangan lupa berikan emping sebagai pelengkap untuk menciptakan kombinasi tekstur yang sempurna.

Nikmati rawon daging sapi bumbu jadi ini selagi hangat. Setiap suapan akan memanjakan lidahmu dengan kelezatan daging sapi yang empuk dan bumbu yang kaya rasa. Rasanya yang gurih, sedap, dan aromanya yang menggugah selera akan membuatmu ketagihan!

Itulah cara masak rawon daging sapi bumbu jadi yang bisa kamu coba di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil! Jangan lupa untuk mengajak keluarga atau teman-temanmu menikmati hidangan istimewa ini. Selamat menikmati dan berkreasi dengan variasi pelengkap sesuai dengan selera masing-masing. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, Sobat Info Negeri!