menu lebaran yang berbeda

Hello Sobat Info Negeri! Sudahkah kalian merasakan atmosfer menyambut Hari Raya Idul Fitri? Sebentar lagi, kita akan merayakan lebaran yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Di tengah pandemi Covid-19, kita harus tetap menjaga jarak fisik dan menghindari kerumunan agar kita semua tetap sehat. Namun, bukan berarti kita tidak bisa menikmati hidangan lezat saat lebaran tiba. Artikel ini akan membahas tentang “menu lebaran yang berbeda” yang bisa kita sajikan dengan santai di rumah.

Lebaran identik dengan hidangan lezat dan beragam. Meskipun kita tidak bisa berkumpul dengan banyak orang seperti biasanya, kita tetap bisa menikmati hidangan lezat lebaran dari rumah. So, let’s get started!

1. Ketupat SayurKetupat sayur adalah hidangan tradisional yang sangat populer saat lebaran tiba. Ketupat yang terbuat dari beras yang dikukus dalam anyaman daun kelapa ini biasanya disajikan dengan sayur lodeh atau opor ayam. Rasanya yang gurih dan kuah yang lezat akan membuatmu ketagihan. Kamu bisa mencoba membuat ketupat sayur sendiri di rumah dengan resep yang mudah ditemukan di internet.

2. Nasi LiwetNasi liwet adalah hidangan khas Jawa Barat yang cocok disajikan saat lebaran. Nasi yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah ini biasanya disajikan dengan ayam suwir, telur balado, dan aneka lauk-pauk lainnya. Rasanya yang gurih dan tekstur nasi yang lembut akan membuatmu tergoda untuk mencicipinya. Kamu juga bisa menambahkan sambal untuk memberikan sensasi pedas yang khas.

3. RendangSiapa yang tidak kenal dengan rendang? Hidangan daging yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah ini adalah hidangan wajib saat lebaran. Rendang memiliki cita rasa yang kaya dan daging yang empuk. Kamu bisa membuat rendang daging sapi, rendang ayam, atau rendang padang sesuai dengan selera. Jangan lupa untuk menyajikannya dengan nasi putih hangat.

4. Kue Lebaran KreatifLebaran tidak lengkap tanpa kue-kue lezat. Selain kue kering tradisional seperti nastar dan kastengel, kamu juga bisa mencoba membuat kue lebaran yang berbeda dan kreatif. Misalnya, kue lidah kucing dengan berbagai rasa dan bentuk yang menarik, atau kue putu dengan isian yang beragam. Kamu bisa berkreasi sendiri di dapur dan mencoba resep-resep baru yang kamu temukan di internet.

5. Es Buah SegarSetelah menyantap hidangan lezat, tidak ada salahnya mencicipi es buah segar sebagai penutup. Es buah segar adalah hidangan ringan dan menyegarkan yang cocok untuk menyeimbangkan rasa setelah menyantap hidangan berat. Kamu bisa menggunakan berbagai macam buah-buahan segar seperti semangka, melon, mangga, dan anggur. Tambahkan sirup atau air kelapa muda untuk memberikan rasa manis dan segar.

Itulah beberapa menu lebaran yang berbeda yang bisa kita sajikan di rumah. Meskipun lebaran kali ini berbeda dari biasanya, kita tetap bisa menikmati hidangan lezat bersama keluarga tercinta. Jangan lupa untuk tetap menjaga protokol kesehatan saat berbelanja bahan makanan dan saat mengolah makanan di dapur.

Semoga artikel ini bisa memberikan inspirasi kepada Sobat Info Negeri untuk menciptakan hidangan lebaran yang berbeda dan lezat di rumah. Selamat merayakan lebaran dan Selamat Idul Fitri!