• Wed. Jul 17th, 2024

resep masak soto ayam

BySaputra

Nov 26, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar? Semoga kalian semua dalam keadaan baik-baik saja. Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi resep masak soto ayam yang lezat dan menggugah selera. Siapa yang tidak suka dengan aroma harum soto yang tercium dari dapur? Soto ayam adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang sangat populer dan banyak disukai oleh orang-orang dari berbagai lapisan masyarakat. Mari kita mulai memasak!

Soto ayam adalah semacam sup yang terbuat dari kaldu ayam yang kaya rasa dan aroma rempah-rempah. Biasanya, hidangan ini disajikan dengan irisan daging ayam yang lembut, mie bihun, telur rebus, kentang rebus, daun seledri, dan taburan bawang goreng. Banyak variasi soto ayam yang bisa kita temukan di seluruh Indonesia, tetapi pada artikel ini saya akan berbagi resep soto ayam versi tradisional Jawa Tengah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat soto ayam ini relatif mudah didapat. Anda memerlukan ayam potong yang segar dan bersih sebanyak satu ekor, jahe sebesar jempol, bawang putih sebanyak 3 siung, bawang merah sebanyak 4 siung, daun salam sebanyak 2 lembar, serai sebanyak 2 batang, daun jeruk purut sebanyak 3 lembar, kencur sebesar jempol, dan garam secukupnya.

Langkah pertama dalam memasak soto ayam adalah merebus ayam dengan air secukupnya. Didihkan air dan tambahkan ayam yang telah dipotong-potong ke dalam panci. Masukkan jahe, bawang putih, bawang merah, dan sedikit garam ke dalam air rebusan ayam. Rebus ayam hingga matang dan dagingnya empuk. Setelah itu, angkat ayam dan saring kaldu ayam yang dihasilkan.

Selanjutnya, kita akan membuat bumbu halus yang akan menambah cita rasa soto ayam. Haluskan jahe, bawang putih, bawang merah, kencur, dan garam menggunakan blender atau ulekan. Tumis bumbu halus bersama daun salam, serai, dan daun jeruk purut hingga harum. Masukkan kaldu ayam yang telah disaring ke dalam tumisan bumbu, aduk rata, dan biarkan mendidih.

Setelah bumbu mendidih, tambahkan garam secukupnya dan cek rasa. Jika dirasa perlu, tambahkan kaldu ayam instan untuk meningkatkan rasa soto ayam. Selanjutnya, masukkan potongan ayam yang telah direbus tadi ke dalam panci. Masak ayam hingga bumbu meresap dan kuah soto menjadi lebih kental.

Sementara itu, kita bisa menyiapkan mie bihun yang akan menjadi pelengkap soto ayam. Rebus mie bihun hingga matang dan tiriskan. Potong-potong ayam yang telah dimasak tadi menjadi irisan kecil-kecil. Siapkan juga telur rebus, kentang rebus, dan daun seledri untuk melengkapi hidangan soto ayam.

Untuk menyajikan soto ayam, ambil mangkuk saji dan letakkan mie bihun di dasar mangkuk. Tambahkan irisan ayam, kentang rebus, dan telur rebus di atas mie bihun. Siram dengan kuah soto yang hangat dan taburi dengan bawang goreng serta daun seledri yang sudah diiris halus. Sajikan soto ayam dengan nasi putih hangat dan sambal terasi sebagai pelengkapnya.

Nikmati soto ayam yang hangat dan lezat ini bersama keluarga atau teman-teman terdekat. Soto ayam tidak hanya enak disantap saat sarapan atau makan siang, tetapi juga bisa menjadi pilihan hidangan makan malam yang mengenyangkan. Jika kalian ingin menambahkan sedikit kelezatan pada hidangan ini, jangan ragu untuk menambahkan kerupuk atau emping sebagai pendampingnya.

Demikianlah resep masak soto ayam versi tradisional Jawa Tengah yang dapat saya bagikan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari inspirasi memasak soto ayam yang lezat. Jangan lupa untuk mencoba resep ini dan bagikan pengalaman kalian dalam membuat soto ayam di kolom komentar. Selamat mencoba dan selamat menikmati hidangan yang lezat ini!

By Saputra