cara memasak ikan kuah kuning

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar? Semoga kalian dalam keadaan sehat dan bahagia. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara memasak ikan kuah kuning yang lezat dan menggugah selera. Siapa yang tidak suka dengan hidangan yang satu ini? Ikan kuah kuning merupakan salah satu hidangan tradisional Indonesia yang sudah dikenal dan disukai oleh banyak orang. Rasanya yang khas dan aroma rempah yang harum membuat hidangan ini menjadi favorit di meja makan.

Sebelum kita mulai memasak, kita perlu menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Bahan utama yang dibutuhkan adalah ikan segar, seperti ikan kakap, ikan gurame, atau ikan nila. Kita juga perlu menyiapkan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, serai, daun jeruk, cabai merah, dan daun kemangi. Selain itu, jangan lupa untuk menyiapkan santan kental, air asam jawa, garam, dan gula secukupnya.

Pertama-tama, kita perlu membersihkan ikan yang akan digunakan. Pastikan ikan sudah bersih dari kotoran dan sisiknya. Setelah itu, lumuri ikan dengan air jeruk nipis atau jeruk limau untuk menghilangkan bau amisnya. Diamkan sejenak agar bumbu meresap ke dalam ikan. Jika sudah, bilas ikan hingga bersih dan tiriskan.

Selanjutnya, kita akan membuat bumbu kuning yang akan memberikan cita rasa khas pada hidangan ini. Haluskan bawang merah, bawang putih, jahe, dan kunyit menggunakan blender atau ulekan. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan tersebut dengan sedikit minyak goreng hingga harum. Tambahkan serai, daun jeruk, dan cabai merah yang sudah diiris tipis. Aduk rata hingga bumbu matang sempurna.

Setelah bumbu matang, masukkan air asam jawa, garam, dan gula secukupnya. Aduk rata dan biarkan mendidih. Setelah itu, masukkan ikan yang sudah dibersihkan ke dalam kuah kuning. Pastikan ikan benar-benar terendam oleh kuah. Biarkan ikan matang sekitar 10-15 menit. Jangan lupa untuk sesekali membalik ikan agar matang merata.

Ketika ikan sudah matang, tuangkan santan kental ke dalam kuah. Aduk perlahan agar santan tercampur merata dengan kuah kuning. Masak sebentar hingga kuah mengental dan ikan benar-benar matang. Jangan terlalu lama memasaknya agar ikan tidak hancur.

Saat hidangan ikan kuah kuning sudah matang, kita bisa menambahkan daun kemangi sebagai hiasan dan penambah aroma segar. Aroma harum dari daun kemangi akan membuat hidangan ini semakin lezat dan menggiurkan. Sajikan ikan kuah kuning hangat bersama nasi putih dan lauk pendamping lainnya seperti sambal terasi atau kerupuk.

Itulah cara memasak ikan kuah kuning yang bisa kamu coba di rumah. Rasanya yang lezat dan aroma rempahnya yang harum akan membuat keluarga tercinta terpesona. Selain itu, hidangan ini juga menyehatkan karena mengandung banyak nutrisi dari ikan dan rempah-rempah yang digunakan. Jadi, jangan ragu untuk mencoba dan berkreasi dengan resep ini di dapur kesayanganmu.

Terakhir, ingatlah untuk selalu menggunakan ikan segar dan bahan-bahan berkualitas dalam memasak. Hal ini akan mempengaruhi rasa dan kualitas hidangan yang kamu buat. Selamat mencoba, Sobat Info Negeri! Semoga hidangan ikan kuah kuningmu berhasil dan disukai oleh semua orang. Selamat menikmati makanan enak dan bergizi bersama keluarga tercinta.