• Fri. Jul 12th, 2024

cara masak ikan kuah kuning

BySaputra

Nov 8, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar semua? Semoga kalian dalam keadaan baik-baik saja. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara masak ikan kuah kuning yang lezat dan menggugah selera. Sebagai pecinta masakan Indonesia, tentunya kita tidak boleh melewatkan hidangan yang satu ini. Ikan kuah kuning memiliki cita rasa yang khas, dengan kuah kuning yang gurih dan ikan yang lembut. Yuk, simak cara pembuatannya berikut ini!

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat ikan kuah kuning ini cukup sederhana dan mudah ditemukan di pasar terdekat. Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

1. 500 gram ikan (ikan kakap, ikan tenggiri, atau jenis ikan lainnya sesuai selera)2. 4 siung bawang putih, haluskan3. 5 butir bawang merah, haluskan4. 3 cm kunyit, haluskan5. 2 cm jahe, haluskan6. 2 batang serai, memarkan7. 5 lembar daun jeruk, sobek-sobek8. 2 lembar daun salam9. 2 buah tomat, potong-potong10. 2 buah cabai merah besar, iris serong11. 1 sendok makan air asam jawa12. 500 ml santan kental13. 500 ml air14. Garam secukupnya15. Gula secukupnya16. Minyak goreng secukupnya

Setelah semua bahan terkumpul, kita bisa memulai proses memasak. Pertama, bersihkan ikan dan lumuri dengan air jeruk nipis agar bau amisnya hilang. Kemudian, panaskan minyak goreng di dalam wajan dan tumis bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, serai, daun jeruk, dan daun salam hingga harum dan matang.

Setelah itu, masukkan potongan tomat dan cabai merah ke dalam tumisan bumbu tadi. Aduk rata hingga tomat layu dan cabai merah sedikit layu. Tambahkan air asam jawa, garam, dan gula secukupnya. Aduk rata hingga bumbu tercampur sempurna.

Kemudian, tuangkan santan kental dan air ke dalam tumisan bumbu. Aduk rata dan biarkan kuah mendidih. Setelah kuah mendidih, masukkan ikan yang telah dibersihkan tadi ke dalam kuah. Pastikan ikan terendam oleh kuah kuning. Masak ikan hingga matang sempurna dan kuah mengental.

Setelah ikan matang, hidangan ikan kuah kuning kita siap disajikan. Angkat ikan dan kuah kuning ke dalam mangkuk saji. Tambahkan potongan daun bawang sebagai hiasan. Ikan kuah kuning siap disantap dengan nasi hangat dan sambal terasi sebagai pelengkapnya.

Selain rasanya yang lezat, ikan kuah kuning juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Ikan mengandung banyak asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung dan otak. Selain itu, ikan juga kaya akan protein yang dibutuhkan tubuh untuk membangun dan memperbaiki jaringan sel.

Tentunya, kita bisa menyesuaikan resep ikan kuah kuning ini sesuai dengan selera dan preferensi kita. Jika ingin lebih pedas, kita bisa menambahkan cabai rawit atau cabai hijau ke dalam tumisan bumbu. Jika lebih suka dengan cita rasa asam yang kuat, kita bisa menambahkan air asam kandis. Selamat mencoba dan nikmati hidangan ikan kuah kuning yang lezat ini!

Demikianlah artikel mengenai cara masak ikan kuah kuning yang lezat dan menggugah selera. Semoga informasi ini bermanfaat bagi sobat Info Negeri semua yang sedang mencari resep hidangan yang enak. Selamat memasak dan selamat menikmati hidangan ikan kuah kuning!

By Saputra