• Sun. Jul 14th, 2024

cara memasak dendeng

BySaputra

Dec 2, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Ketika berbicara tentang makanan Indonesia yang lezat dan menggugah selera, dendeng adalah salah satu hidangan yang tidak boleh dilewatkan. Dendeng adalah hidangan kering yang terbuat dari daging sapi atau daging lainnya yang dibumbui dengan rempah-rempah dan kemudian dikeringkan. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang kenyal membuat dendeng menjadi hidangan yang populer di Indonesia. Jika Anda ingin mencoba membuat dendeng sendiri di rumah, berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang cara memasak dendeng yang lezat.

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan:- 500 gram daging sapi has dalam, potong tipis- 3 sendok makan kecap manis- 2 sendok makan saus tiram- 1 sendok makan kecap inggris- 1 sendok makan gula merah, serut- 1 sendok teh bubuk ketumbar- 1 sendok teh bubuk cabe- 1 sendok teh garam- 3 siung bawang putih, haluskan- Minyak goreng secukupnya

2. Persiapan:Sebelum memasak dendeng, ada beberapa tahapan persiapan yang perlu dilakukan. Pertama-tama, rendam potongan daging sapi dalam air dingin selama sekitar 30 menit untuk menghilangkan bau amis. Kemudian, tiriskan dan peras daging sapi dengan tisu dapur untuk menghilangkan kelembapannya.

3. Proses penggorengan:Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Tambahkan bawang putih yang telah dihaluskan dan tumis hingga harum. Setelah itu, masukkan potongan daging sapi ke dalam wajan dan aduk rata dengan bawang putih. Biarkan daging sapi berwarna cokelat keemasan di setiap sisinya.

4. Bumbu dendeng:Selanjutnya, tambahkan kecap manis, saus tiram, kecap inggris, gula merah serut, bubuk ketumbar, bubuk cabe, dan garam ke dalam wajan. Aduk rata hingga bumbu meresap ke dalam daging sapi. Pastikan setiap potongan daging sapi terbalut dengan bumbu yang merata.

5. Proses pengeringan:Setelah bumbu meresap, turunkan api ke kecil dan biarkan dendeng dipanggang dalam wajan dengan tutupnya tertutup selama sekitar 1-2 jam. Proses ini akan mengeringkan dendeng dan membuatnya menjadi kenyal. Jangan lupa untuk sesekali membuka tutup wajan dan mengaduk dendeng agar matang merata dan tidak gosong.

6. Penyelesaian:Setelah dendeng matang dan kering, angkat dari wajan dan tiriskan dendeng dari minyak berlebih menggunakan tisu dapur. Biarkan dendeng dingin sejenak sebelum disajikan. Anda bisa menyimpan dendeng dalam wadah kedap udara untuk menjaga kekenyalan dan kesegarannya.

Dendeng siap disajikan! Anda bisa menikmati dendeng sebagai camilan di antara waktu makan atau sebagai hidangan pendamping nasi. Rasanya yang gurih dan kenyal akan membuat Anda ketagihan. Anda juga bisa menambahkan sejumput cabai bubuk atau irisan bawang merah segar untuk memberikan sentuhan ekstra pada dendeng Anda.

Dalam membuat dendeng, kunci kelezatan terletak pada pemilihan daging yang baik dan pengeringan dendeng yang tepat. Pilihlah daging sapi yang segar dan berkualitas untuk mendapatkan hasil dendeng yang maksimal. Selain itu, pastikan Anda mengeringkan dendeng dengan baik sehingga teksturnya kenyal dan tidak terlalu keras.

Dengan panduan ini, Anda sekarang bisa memasak dendeng sendiri di rumah dengan mudah. Coba variasikan bumbu dan tambahkan sentuhan pribadi sesuai dengan selera Anda. Selamat mencoba dan semoga hidangan dendeng Anda menjadi favorit di rumah!

By Saputra