• Thu. Jul 18th, 2024

cara memasak dendeng sapi

BySaputra

Dec 12, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar kalian hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara memasak dendeng sapi, sebuah hidangan yang lezat dan menggugah selera. Dendeng sapi merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang terbuat dari daging sapi yang diolah dengan cara dikeringkan. Proses pengolahan dendeng sapi ini memberikan tekstur yang kenyal dan rasa yang gurih. Yuk, simak cara memasak dendeng sapi yang mudah dan praktis berikut ini!

Sebelum memasak dendeng sapi, pastikan kamu memiliki bahan-bahan yang diperlukan. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

1. 500 gram daging sapi bagian has dalam2. 2 sdm kecap manis3. 2 sdm saus tiram4. 1 sdm kecap inggris5. 1 sdm kecap asin6. 1 sdt merica bubuk7. 1 sdt garam8. 2 siung bawang putih, memarkan9. 2 batang serai, memarkan10. 2 lembar daun salam11. Minyak secukupnya untuk menggoreng

Setelah semua bahan-bahan tersedia, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memotong daging sapi tipis-tipis. Untuk memudahkan pemotongan, kamu bisa membekukan daging sapi terlebih dahulu selama 30 menit hingga agak keras. Kemudian, iris daging sapi menjadi lembaran tipis dengan ketebalan sekitar 2-3 mm.

Setelah daging sapi dipotong, saatnya untuk memasaknya. Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Tumis bawang putih, serai, dan daun salam hingga harum. Masukkan daging sapi, aduk rata, dan biarkan hingga berubah warna.

Setelah daging sapi berubah warna, kamu bisa menambahkan bumbu-bumbu seperti kecap manis, saus tiram, kecap inggris, kecap asin, merica bubuk, dan garam. Aduk rata hingga semua bumbu meresap ke dalam daging sapi. Pastikan semua sisi daging sapi terbalut dengan bumbu.

Selanjutnya, tambahkan air secukupnya dan aduk rata. Tutup wajan dan biarkan daging sapi matang dalam keadaan ditutup. Jika air mulai kering, kamu bisa menambahkan air lagi agar dendeng sapi tidak terlalu kering.

Setelah daging sapi matang, angkat dan tiriskan. Selanjutnya, panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Goreng dendeng sapi hingga kering dan berwarna kecokelatan. Angkat dan tiriskan kembali.

Dendeng sapi siap disajikan! Kamu bisa menyantapnya langsung atau menyimpannya dalam wadah kedap udara untuk dinikmati lebih lama. Dendeng sapi bisa dijadikan sebagai lauk pendamping nasi, bahan topping mie, atau bahkan camilan di saat santai.

Nah, itulah cara memasak dendeng sapi yang mudah dan praktis. Dengan sedikit usaha, kamu bisa menikmati hidangan lezat ini di rumah. Jangan ragu untuk mencoba resep ini dan nikmati dendeng sapi yang kenyal dan gurih bersama keluarga tercinta. Selamat mencoba dan selamat menikmati!

By Saputra