• Sun. Jul 14th, 2024

cara masak dendeng sapi kering

BySaputra

Nov 14, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kalian semua dalam keadaan baik dan sehat selalu. Pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi sebuah artikel yang pastinya akan membuat kalian tergoda dengan aroma dan cita rasa dari hidangan lezat yang satu ini. Apa itu? Yap, dendeng sapi kering! Siapa yang tidak suka dengan daging sapi yang diolah menjadi dendeng kering yang renyah dan gurih? Tidak hanya nikmat untuk dinikmati sebagai camilan, tapi juga bisa menjadi lauk yang menggugah selera. Nah, bagi kalian yang ingin mencoba membuat dendeng sapi kering sendiri di rumah, yuk ikuti langkah-langkahnya!

Pertama-tama, tentu saja kita membutuhkan bahan-bahan yang diperlukan. Untuk membuat dendeng sapi kering, kita perlu menyiapkan daging sapi yang baik dan berkualitas. Pilihlah daging sapi yang memiliki serat yang baik, seperti daging sapi bagian paha atau sandung lamur. Daging yang memiliki sedikit lemak akan memberikan citarasa yang lebih enak dan tidak terlalu berminyak. Selain itu, siapkan juga bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, jahe, merica, garam, dan gula pasir. Anda juga bisa menambahkan bumbu lain sesuai dengan selera pribadi, seperti cabai rawit jika ingin dendeng sapi kering yang pedas.

Setelah semua bahan siap, langkah selanjutnya adalah memotong daging sapi menjadi tipis-tipis. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan menggunakan alat pemotong daging atau pisau yang tajam. Pastikan ketebalan potongan daging sesuai dengan keinginan, semakin tipis maka dendeng yang dihasilkan akan semakin renyah. Setelah itu, haluskan bumbu-bumbu yang telah disiapkan, seperti bawang putih, bawang merah, jahe, merica, garam, dan gula pasir. Anda bisa menggunakan blender atau cobek untuk menghaluskan bumbu-bumbu tersebut.

Setelah mendapatkan potongan tipis daging sapi dan bumbu halus, saatnya untuk mengolah dendeng sapi kering. Pertama, tumis bumbu halus yang telah dihaluskan tadi dengan sedikit minyak goreng hingga harum dan matang. Setelah itu, masukkan potongan daging sapi ke dalam tumisan bumbu tersebut. Aduk rata hingga bumbu tercampur merata dengan daging. Pastikan setiap potongan daging terbalut rata dengan bumbu.

Selanjutnya, tambahkan air secukupnya ke dalam tumisan daging sapi dan bumbu. Air ini akan membantu proses pengeringan dendeng. Masak dendeng sapi kering dengan api sedang hingga air menyusut dan daging sapi menjadi empuk. Hal ini membutuhkan waktu yang cukup lama, sekitar 2-3 jam, tergantung dari ketebalan dendeng yang dibuat.

Setelah air menyusut dan daging sapi empuk, kurangi suhu api menjadi sedang atau kecil. Biarkan dendeng sapi kering terus dipanaskan dengan api kecil hingga air benar-benar menguap dan daging sapi menjadi kering. Anda dapat membalik dendeng di antara proses pengeringan untuk memastikan dendeng kering merata.

Jika dendeng sapi sudah benar-benar kering, angkat dan biarkan dingin. Setelah dingin, dendeng sapi siap untuk dihidangkan atau disimpan dalam wadah kedap udara untuk dinikmati kapan saja. Dendeng sapi kering yang dibuat sendiri di rumah pasti lebih segar dan nikmat rasanya karena kita bisa mengatur bumbu dan ketebalan dendeng sesuai selera.

Nah, itulah cara mudah untuk membuat dendeng sapi kering di rumah. Bagaimana, apakah kalian tertarik untuk mencobanya sendiri? Selain bisa dinikmati sendiri sebagai camilan, dendeng sapi kering juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk oleh-oleh atau hidangan saat ada tamu yang datang. Jangan lupa untuk mencoba variasi rasa dengan menambahkan bumbu-bumbu lain sesuai dengan selera pribadi kalian. Selamat mencoba dan semoga sukses dalam membuat dendeng sapi kering yang lezat!

By Saputra