cara masak terong santan

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar kalian? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang salah satu resep masakan yang lezat dan mudah untuk disajikan di rumah, yaitu “cara masak terong santan”. Terong santan merupakan salah satu hidangan khas Indonesia yang memiliki cita rasa yang gurih dan lezat. Tidak hanya itu, masakan ini juga sangat cocok untuk dinikmati bersama keluarga tercinta. Jadi, yuk simak cara membuat terong santan yang praktis dan enak!

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat terong santan ini sebenarnya cukup sederhana dan mudah ditemukan di pasar atau supermarket terdekat. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu Anda siapkan:

1. 3 buah terong ungu, potong menjadi beberapa bagian2. 200 ml santan kental3. 2 siung bawang putih, cincang halus4. 2 buah cabai merah besar, iris serong5. 2 lembar daun salam6. 1 batang serai, memarkan7. 2 sendok makan minyak goreng8. 1 sendok teh gula pasir9. Garam secukupnya

Setelah menyiapkan semua bahan-bahan di atas, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memasak terong. Caranya cukup mudah, pertama-tama panaskan minyak goreng dalam wajan yang cukup besar. Tumis bawang putih hingga harum, lalu masukkan cabai merah iris, daun salam, dan serai. Aduk rata sebentar, kemudian masukkan potongan terong ungu. Tumis terong hingga setengah matang, lalu tuangkan santan kental ke dalam wajan. Aduk perlahan hingga tercampur rata.

Setelah itu, tambahkan gula pasir dan garam secukupnya sesuai dengan selera Anda. Aduk kembali semua bahan agar merata. Biarkan terong matang dan santan meresap sepenuhnya. Setelah terong matang, angkat dan hidangkan terong santan ini dalam piring saji yang menarik.

Nah, itulah cara membuat terong santan yang sederhana dan enak. Masakan ini dapat disajikan sebagai menu utama maupun sebagai pelengkap hidangan lainnya, seperti nasi putih, ayam goreng, atau ikan bakar. Selain itu, terong santan juga dapat menambah kelezatan hidangan vegetarian bagi Anda yang menjalani pola makan tanpa daging.

Selain rasanya yang lezat, terong santan juga memiliki manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh kita. Terong sendiri mengandung banyak serat yang dapat membantu proses pencernaan dan mencegah sembelit. Santan kental yang digunakan dalam resep ini juga mengandung lemak sehat yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Jadi, dengan mengonsumsi terong santan dalam jumlah yang tepat, Anda dapat menjaga kesehatan tubuh Anda dengan kesenangan.

Demikianlah cara masak terong santan yang bisa saya bagikan kepada kalian, Sobat Info Negeri. Semoga resep ini bermanfaat dan bisa membuat hidangan di rumah menjadi lebih beragam dan lezat. Selamat mencoba dan semoga berhasil!