masak terong santan

Hello Sobat Info Negeri! Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan bahagia. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang resep masakan yang lezat dan mudah untuk disajikan yaitu “masak terong santan”. Terong santan merupakan salah satu hidangan tradisional Indonesia yang memiliki cita rasa yang khas dan tentunya menggugah selera. Yuk, simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahui cara membuat masak terong santan yang lezat!

Terong santan adalah hidangan masakan Indonesia yang terbuat dari bahan utama terong yang dimasak dengan bumbu santan yang kaya akan rempah-rempah. Hidangan ini memiliki cita rasa yang gurih dan creamy karena penggunaan santan yang melimpah. Terong santan biasanya disajikan dengan nasi putih hangat dan lauk lainnya seperti ayam atau ikan goreng.

Untuk membuat masak terong santan, pertama-tama kita perlu menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain:

1. Terong ungu, pilih terong yang segar dan berukuran sedang.2. Santan kelapa, gunakan santan kental atau santan instan yang sudah siap pakai.3. Bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, daun salam, serai, lengkuas, dan kunyit.4. Garam dan gula secukupnya untuk menyesuaikan rasa.5. Minyak goreng untuk menumis bumbu.

Setelah semua bahan tersedia, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan terong yang akan digunakan. Cuci bersih terong dan potong-potong sesuai selera. Jika terong yang digunakan terlalu besar, bisa dipotong menjadi beberapa bagian supaya matang merata saat dimasak. Setelah itu, rendam terong dalam air garam selama beberapa saat agar tidak berubah warna menjadi coklat.

Selanjutnya, panaskan minyak goreng dalam wajan dan tumis bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, serai, daun salam, lengkuas, dan kunyit hingga harum. Pastikan api tidak terlalu besar agar bumbu tidak gosong. Setelah itu, masukkan santan kelapa kedalam wajan dan aduk-aduk hingga rata dengan bumbu yang sudah ditumis.

Setelah santan mendidih, masukkan potongan terong kedalam wajan. Aduk-aduk terong dengan santan hingga rata dan masak dengan api kecil hingga terong empuk dan bumbu meresap. Jika santan terlalu kental, bisa ditambahkan sedikit air untuk mengencerkan konsistensinya. Jangan lupa tambahkan garam dan gula secukupnya untuk menyesuaikan rasa.

Tunggu beberapa saat hingga terong benar-benar empuk dan matang. Setelah itu, angkat terong santan dari wajan dan hidangkan dalam piring saji. Terong santan siap untuk dinikmati dengan nasi putih hangat dan lauk tambahan seperti ayam atau ikan goreng.

Selain rasanya yang lezat, terong santan juga memiliki manfaat kesehatan untuk tubuh kita. Terong kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk pencernaan dan menjaga kesehatan jantung. Santan kelapa juga mengandung lemak sehat dan nutrisi penting lainnya. Namun, perlu diingat untuk mengonsumsinya dengan porsi yang seimbang dan tidak berlebihan.

Demikianlah artikel tentang “masak terong santan” yang lezat dan mudah untuk disajikan. Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi bagi kalian dalam mencoba resep masakan baru. Jangan lupa untuk selalu menyesuaikan bumbu dan rasa sesuai dengan preferensi dan selera masing-masing. Selamat mencoba dan selamat menikmati hidangan terong santan yang lezat ini. Terima kasih sudah membaca, Sobat Info Negeri!