cara masak sop iga sapi spesial

Hello, Sobat Info Negeri! Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga semuanya baik-baik saja. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang resep masakan yang lezat dan menggugah selera, yaitu sop iga sapi spesial. Siapa yang tidak suka dengan sop iga sapi yang gurih dan renyah? Berikut ini adalah cara untuk memasak sop iga sapi spesial yang bisa kalian coba di rumah.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sop iga sapi spesial ini adalah sebagai berikut:1. 500 gram iga sapi, potong menjadi beberapa bagian2. 2 buah wortel, iris tipis3. 2 buah kentang, potong dadu4. 2 batang seledri, iris halus5. 2 lembar daun salam6. 2 lembar daun jeruk7. 2 batang serai, memarkan8. 2 sentimeter lengkuas, memarkan9. 4 siung bawang putih, cincang halus10. 2 siung bawang merah, cincang halus11. 1 sendok teh merica bubuk12. 1 sendok teh garam13. 1 sendok teh kaldu bubuk14. 1 sendok makan minyak goreng

Setelah semua bahan telah siap, langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah merebus iga sapi. Rebus iga sapi dalam air mendidih selama sekitar 10 menit untuk menghilangkan bau amis yang bisa mengganggu cita rasa sop. Setelah itu, buang air rebusan iga sapi, lalu bilas iga sapi dengan air bersih.

Selanjutnya, siapkan panci baru yang lebih besar. Masukkan iga sapi yang telah direbus dan tuangkan air secukupnya hingga iga sapi terendam. Tambahkan daun salam, daun jeruk, serai, dan lengkuas ke dalam panci. Rebus iga sapi dengan api sedang hingga dagingnya empuk dan kuahnya mendidih.

Sambil menunggu iga sapi matang, kalian bisa mempersiapkan bumbu yang akan digunakan. Panaskan minyak goreng dalam wajan, lalu tumis bawang putih dan bawang merah yang telah dicincang halus hingga harum dan berwarna kecokelatan.

Setelah itu, masukkan bumbu tumisan ke dalam panci yang berisi iga sapi. Tambahkan juga wortel dan kentang yang telah dipotong-potong, lalu masaklah semua bahan dalam panci dengan api sedang selama sekitar 20-30 menit atau hingga sayuran terasa empuk.

Setelah semua bahan matang, tambahkan garam, merica bubuk, dan kaldu bubuk ke dalam sop. Aduk rata dan cicipi rasanya. Jika dirasa sudah pas, angkat panci dari kompor.

Sajikan sop iga sapi spesial ini dalam mangkuk saji. Taburkan irisan seledri di atasnya untuk memberikan aroma segar yang khas. Anda juga bisa menambahkan potongan tomat atau cabai rawit sebagai pelengkap, sesuai dengan selera masing-masing.

Sop iga sapi spesial siap disantap! Nikmati hidangan lezat ini selagi hangat bersama keluarga tercinta. Sop yang gurih dengan daging iga sapi yang empuk akan membuat makanan ini menjadi favorit di setiap hidangan rumah makan atau bahkan restoran.

Selain rasanya yang lezat, sop iga sapi juga memiliki manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh. Daging sapi kaya akan protein yang berguna untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Selain itu, adanya serat dari wortel dan kentang juga membantu menjaga kesehatan pencernaan.

Jadi, bagi Sobat Info Negeri yang ingin menikmati hidangan yang lezat dan bergizi, sop iga sapi spesial ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Anda dapat mencoba resep ini di rumah dengan mudah dan praktis. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Demikianlah artikel tentang cara masak sop iga sapi spesial yang santai ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Info Negeri dan dapat membantu dalam mempersiapkan hidangan lezat di rumah. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya! Terima kasih telah membaca.