resep masak kikil sapi

Hello Sobat Info Negeri! Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan bahagia. Pada kesempatan kali ini, kami ingin berbagi dengan kalian sebuah resep masakan yang mungkin belum banyak yang mencobanya, yaitu resep masak kikil sapi. Masakan ini sangat lezat dan cocok untuk disantap bersama keluarga tercinta di rumah. Jadi, yuk kita simak bersama-sama bagaimana cara membuatnya!

Sebelum kita mulai, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu kikil sapi. Kikil sapi adalah bagian dari kaki sapi yang terbuat dari tulang rawan. Biasanya, kikil sapi digunakan sebagai bahan utama dalam berbagai masakan seperti sup, semur, atau soto. Kikil sapi memiliki tekstur yang kenyal dan rasanya yang gurih, sehingga cocok dijadikan hidangan yang menggugah selera.

Untuk membuat masakan kikil sapi yang lezat, berikut adalah bahan-bahan yang akan kita butuhkan:- 500 gram kikil sapi, bersihkan dan rebus hingga empuk- 2 batang daun bawang, iris halus- 3 siung bawang putih, haluskan- 2 buah cabai merah besar, iris serong- 2 sendok makan kecap manis- 1 sendok makan saus tiram- 1 sendok teh garam- 1 sendok teh merica bubuk- 500 ml air kaldu sapi- Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Langkah pertama dalam membuat resep masak kikil sapi adalah merebus kikil sapi hingga empuk. Caranya cukup mudah, masukkan kikil sapi ke dalam panci besar berisi air, tambahkan garam, dan rebus selama kurang lebih 1-2 jam. Setelah empuk, angkat kikil sapi dan iris-iris sesuai selera.

Selanjutnya, panaskan minyak goreng di dalam wajan dan tumis bawang putih hingga harum. Masukkan cabai merah iris dan daun bawang, lalu aduk-aduk hingga layu. Tambahkan kikil sapi yang sudah diiris, lalu aduk rata.

Setelah itu, tambahkan kecap manis, saus tiram, garam, dan merica bubuk. Aduk rata hingga bumbu meresap ke dalam kikil sapi. Tuangkan air kaldu sapi secukupnya, lalu biarkan mendidih dengan api kecil hingga kuah sedikit mengental.

Setelah semua bahan matang dan bumbu meresap, resep masak kikil sapi pun siap disajikan. Kamu bisa menyantapnya bersama nasi putih hangat atau lontong. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan pelengkap seperti irisan kol, toge, tahu goreng, atau kerupuk sebagai penambah cita rasanya.

Tidak sulit bukan untuk membuat masakan kikil sapi yang lezat ini? Dengan resep yang sederhana dan bahan yang mudah didapatkan, kamu bisa memasak hidangan spesial ini di rumah bersama keluarga tercinta. Selain itu, masakan kikil sapi juga cocok untuk dihidangkan saat acara kumpul-kumpul bersama teman-teman.

Selain rasanya yang enak, kikil sapi juga memiliki manfaat kesehatan. Kandungan kolagen dalam kikil sapi dapat membantu menjaga kekenyalan kulit dan kesehatan sendi. Selain itu, kikil sapi juga mengandung zat besi yang baik untuk kesehatan darah.

Demikianlah resep masak kikil sapi yang dapat kami bagikan kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang ingin mencoba membuat hidangan lezat ini di rumah. Selamat mencoba dan selamat menikmati sajian lezat kikil sapi bersama keluarga tercinta. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya, Sobat Info Negeri!