cara masak mangut

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar hari ini? Semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan bahagia. Pada kesempatan kali ini, kita akan berbicara tentang cara masak mangut. Bagi kalian pecinta kuliner Indonesia, mungkin sudah tidak asing lagi dengan masakan yang satu ini. Mangut merupakan salah satu hidangan khas Indonesia yang memiliki cita rasa yang khas dan lezat. Yuk, kita simak bersama-sama cara masak mangut yang santai namun tetap menghasilkan masakan yang enak dan lezat.

Sebelum kita mulai memasak mangut, ada beberapa bahan dan peralatan yang perlu kita persiapkan terlebih dahulu. Bahan utama yang diperlukan untuk membuat mangut adalah ikan segar, misalnya ikan gabus atau ikan patin. Selain itu, kita juga membutuhkan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, kunyit, jahe, serta daun jeruk purut. Jangan lupa untuk menyiapkan santan kelapa yang kental dan garam secukupnya. Untuk peralatannya, kita hanya membutuhkan panci atau wajan yang cukup besar.

Pertama-tama, kita mulai dengan membersihkan ikan terlebih dahulu. Pastikan ikan sudah bersih dari sisik dan cuci hingga benar-benar bersih. Setelah itu, iris ikan menjadi beberapa bagian sesuai selera. Kemudian, lumuri ikan dengan air jeruk nipis atau air perasan jeruk lainnya untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas ikan dengan air bersih.

Selanjutnya, kita bisa mulai menyiapkan bumbu halus untuk mangut. Tumis bawang merah, bawang putih, cabai merah, kunyit, dan jahe yang telah dihaluskan dengan sedikit minyak goreng hingga harum. Pastikan bumbu-bumbu tersebut matang sempurna dan mengeluarkan aroma yang lezat. Tambahkan daun jeruk purut dan aduk rata.

Setelah bumbu halus matang, masukkan ikan yang telah dipersiapkan sebelumnya ke dalam wajan atau panci besar. Aduk rata ikan dengan bumbu halus hingga ikan terlapisi dengan baik. Tuangkan santan kelapa yang sudah diperoleh ke dalam wajan atau panci yang berisi ikan. Tambahkan garam secukupnya sesuai selera.

Selanjutnya, kita bisa memasak ikan dengan santan di atas api kecil hingga ikan matang sempurna dan santan mengental. Jangan lupa untuk sesekali mengaduk agar ikan tidak lengket di bagian bawah wajan atau panci. Setelah itu, cicipi mangut yang telah kita masak. Jika masih kurang garam atau bumbu, tambahkan sesuai selera dan masak sebentar lagi hingga meresap sempurna.

Setelah mangut matang, angkat dari wajan atau panci. Sajikan mangut dalam piring saji dan tambahkan sedikit daun kemangi sebagai hiasan. Mangut siap disantap bersama nasi hangat atau lontong. Rasakan kelezatan mangut yang kaya akan rempah dan cita rasa ikan yang segar. Selamat menikmati!

Itulah cara sederhana untuk memasak mangut yang lezat dan enak. Dengan bahan dan langkah-langkah yang sederhana, kita bisa menghasilkan hidangan yang enak dan menggoda selera. Jangan takut untuk mencoba memasak mangut di rumah, karena dengan sedikit usaha, kita bisa menikmati hidangan lezat kapanpun kita inginkan. Selamat mencoba dan semoga berhasil! Terima kasih telah membaca artikel ini, Sobat Info Negeri.