cara membuat kue bolu pisang kukus

Hello teman-teman pembaca, kali ini saya akan berbagi resep cara membuat kue bolu pisang kukus yang lezat dan mudah untuk dibuat di rumah. Kue bolu pisang kukus adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang sudah sangat terkenal. Rasa manis dan aroma pisang yang khas membuat kue ini sangat cocok untuk dinikmati sebagai camilan di sore hari atau sebagai hidangan penutup setelah makan. Tanpa basa-basi lagi, yuk kita mulai membuat kue bolu pisang kukus ini!

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan Jumlah
Tepung terigu 200 gram
Gula pasir 150 gram
Minyak goreng 100 ml
Pisang raja matang 3 buah (ukuran sedang)
Telur ayam 4 butir
Vanili bubuk 1 sendok teh
Baking powder 1 sendok teh
Garam 1/4 sendok teh

Pertama-tama, siapkan terlebih dahulu semua bahan yang dibutuhkan sesuai dengan takaran yang telah ditentukan. Pastikan bahan-bahan tersebut sudah dalam keadaan matang dan siap untuk digunakan.

Setelah itu, ambil pisang raja yang telah matang dan haluskan dengan menggunakan blender atau food processor. Jangan lupa untuk memilih pisang yang sudah matang agar hasilnya lebih enak dan lezat.

Masukkan pisang yang sudah dihaluskan ke dalam wadah, kemudian tambahkan gula pasir dan telur ayam. Aduk rata dengan menggunakan mixer atau whisk hingga bahan-bahan tercampur sempurna.

Selanjutnya, tambahkan tepung terigu sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan tercampur rata dan tidak bergerindil.

Setelah itu, tambahkan minyak goreng, vanili bubuk, baking powder, dan garam ke dalam adonan. Aduk rata kembali hingga semua bahan tercampur sempurna.

Setelah adonan tercampur rata, tuang adonan ke dalam loyang yang telah diolesi dengan mentega atau margarin. Pastikan loyang yang digunakan sudah tertutup rapat agar uap air pada saat proses pengukusan tidak keluar.

Panaskan air dalam panci atau kukusan hingga mendidih. Kemudian, masukkan loyang yang berisi adonan kue bolu pisang kukus ke dalam panci atau kukusan. Kukus adonan kue bolu pisang selama kurang lebih 40-50 menit dengan api yang sedang hingga matang.

Cek kematangan kue bolu pisang kukus dengan menggunakan tusuk gigi. Jika tusuk gigi yang ditusukkan ke dalam kue tidak ada adonan yang menempel, berarti kue sudah matang dan siap untuk diangkat.

Setelah matang, keluarkan kue bolu pisang kukus dari loyang dan biarkan dingin selama beberapa menit. Setelah itu, potong kue bolu pisang kukus dengan ukuran sesuai selera dan siap untuk disajikan.

Kesimpulan

Nah, itulah cara membuat kue bolu pisang kukus yang lezat dan mudah untuk dibuat di rumah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, dijamin kue bolu pisang kukus yang kita buat akan menjadi sangat lezat dan empuk. Selamat mencoba dan semoga berhasil!