• Sun. Jul 14th, 2024

cara masak ikan bandeng

BySaputra

Nov 17, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar hari ini? Semoga kalian semua dalam keadaan baik-baik saja. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara masak ikan bandeng yang lezat dan menggugah selera. Ikan bandeng merupakan salah satu ikan yang sering diolah menjadi berbagai hidangan lezat di Indonesia. Nah, bagi kalian yang ingin mencoba memasak ikan bandeng di rumah, yuk simak artikel ini sampai selesai!

Sebelum memasak ikan bandeng, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

1. Ikan bandeng segar, sebanyak 1 ekor2. Air jeruk nipis, secukupnya3. Bawang putih, sebanyak 5 siung4. Jahe, sebanyak 1 ruas jari5. Garam, secukupnya6. Merica, secukupnya7. Minyak goreng, secukupnya

Setelah menyiapkan bahan-bahan di atas, langkah berikutnya adalah membersihkan ikan bandeng dengan baik. Cuci ikan bandeng hingga bersih dan lumuri dengan air jeruk nipis agar bau amisnya hilang. Setelah itu, lumuri ikan dengan garam dan merica secukupnya dan biarkan selama kurang lebih 15 menit agar bumbu meresap.

Sambil menunggu, kita bisa mempersiapkan bahan-bahan tambahan lainnya. Haluskan bawang putih dan jahe dengan blender atau ulekan. Panaskan minyak goreng dalam wajan dan tumis bawang putih dan jahe yang telah dihaluskan hingga harum. Setelah itu, angkat bawang putih dan jahe tumis tersebut dan sisihkan.

Setelah ikan bandeng didiamkan selama 15 menit, kita bisa memulai proses penggorengannya. Panaskan minyak goreng dalam wajan dan goreng ikan bandeng hingga matang dan berwarna keemasan. Pastikan ikan bandeng matang secara merata di kedua sisinya. Jika sudah matang, angkat ikan bandeng dan tiriskan minyaknya dengan menggunakan tisu dapur agar ikan tidak terlalu berminyak.

Setelah ikan bandeng telah digoreng dan ditiriskan, kita bisa melanjutkan dengan merendam ikan dalam bumbu yang telah kita tumis sebelumnya. Rendam ikan dalam bumbu tersebut selama kurang lebih 15 menit agar cita rasa bumbu meresap dengan sempurna. Setelah itu, ikan bandeng siap dihidangkan!

Untuk penyajian, kalian bisa menyiapkan ikan bandeng dalam piring saji dan beri hiasan potongan daun bawang atau daun seledri. Ikan bandeng yang telah dimasak dengan cara ini akan menghasilkan cita rasa yang gurih dan nikmat. Sangat cocok disantap dengan nasi putih hangat dan sambal kecap sebagai pelengkapnya.

Selain digoreng, ikan bandeng juga bisa diolah menjadi hidangan yang lainnya seperti ikan bandeng bakar, ikan bandeng bumbu rujak, atau ikan bandeng kuah santan. Namun, dalam artikel ini kita hanya membahas cara masak ikan bandeng yang digoreng saja.

Sekian artikel tentang cara masak ikan bandeng yang lezat dan menggugah selera. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang ingin mencoba memasak ikan bandeng di rumah. Selamat mencoba dan selamat menikmati hidangan lezat yang telah kalian olah sendiri. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya!

By Saputra