• Thu. Jul 18th, 2024

ikan masak acar kuning

BySaputra

Dec 31, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar hari ini? Semoga kalian semua dalam keadaan baik-baik saja. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang masakan yang lezat dan menggugah selera, yaitu ikan masak acar kuning. Siapa yang tidak suka dengan hidangan yang satu ini? Ikan masak acar kuning memang menjadi salah satu hidangan favorit di Indonesia. Rasanya yang segar, asam, dan agak manis membuatnya menjadi pilihan yang tepat untuk hidangan sehari-hari maupun saat ada acara spesial.

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang ikan masak acar kuning, ada baiknya kita mengenal sedikit tentang acar kuning. Acar kuning adalah salah satu jenis acar yang berasal dari Jawa Tengah. Acar kuning biasanya terbuat dari berbagai macam sayuran seperti wortel, kacang panjang, buncis, dan kentang yang diolah dengan bumbu kuning yang khas. Bumbu kuning tersebut terdiri dari kunyit, bawang merah, bawang putih, jahe, ketumbar, dan lengkuas yang dihaluskan. Acar kuning ini memiliki rasa yang segar, gurih, dan memiliki aroma yang begitu menggugah selera.

Sekarang, mari kita bahas tentang ikan masak acar kuning. Ikan yang biasanya digunakan untuk hidangan ini adalah ikan bandeng atau ikan nila. Ikan bandeng yang digunakan harus segar dan memiliki daging yang kenyal. Untuk memasak ikan masak acar kuning, kita perlu membersihkan ikan terlebih dahulu. Kemudian, ikan dibumbui dengan garam dan jeruk nipis agar rasanya lebih segar. Setelah itu, ikan digoreng hingga matang dan berwarna keemasan.

Sementara itu, bumbu acar kuning juga perlu disiapkan. Bumbu kuning yang telah disebutkan sebelumnya dihaluskan dan ditumis dengan minyak goreng hingga harum. Setelah itu, sayuran seperti wortel, kacang panjang, buncis, dan kentang ditambahkan ke dalam tumisan bumbu kuning tersebut. Sayuran diaduk hingga matang dan kemudian ditambahkan air secukupnya. Setelah sayuran dan bumbu tercampur rata, ikan goreng dimasukkan ke dalam panci dan direbus bersama dengan sayuran hingga matang.

Setelah semua bahan matang, hidangan ikan masak acar kuning siap disajikan. Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi putih hangat dan sambal terasi sebagai pelengkapnya. Rasanya yang segar, asam, dan agak manis membuat ikan masak acar kuning ini cocok disantap bersama keluarga tercinta. Selain itu, hidangan ini juga bisa menjadi salah satu menu spesial saat ada tamu yang datang berkunjung.

Selain rasanya yang lezat, ikan masak acar kuning juga memiliki nilai gizi yang tinggi. Ikan mengandung protein dan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan tubuh. Sayuran yang digunakan dalam hidangan ini juga kaya akan serat dan vitamin. Jadi, selain enak, hidangan ini juga memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan.

Bagi kalian yang ingin mencoba membuat ikan masak acar kuning di rumah, jangan khawatir karena bahan-bahannya mudah didapatkan dan cara pembuatannya pun cukup sederhana. Kalian bisa mengkreasikan hidangan ini sesuai dengan selera masing-masing. Misalnya, menambahkan potongan jeruk nipis saat menyajikan agar rasanya lebih segar atau menambahkan cabai merah untuk memberikan sedikit sensasi pedas.

Nah, Sobat Info Negeri, itulah sedikit informasi tentang ikan masak acar kuning, hidangan lezat yang cocok untuk menyenangkan lidah dan perut kalian. Selamat mencoba membuatnya di rumah dan nikmati sensasi rasa yang segar dan menggugah selera. Semoga artikel singkat ini bermanfaat dan dapat menginspirasi kalian untuk mencoba hidangan yang satu ini. Sampai jumpa pada kesempatan berikutnya!

By Saputra