cara masak ceker pedas

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar? Semoga kalian dalam keadaan baik-baik saja. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas resep masakan yang membuat lidah bergoyang, yaitu “cara masak ceker pedas”. Siapa yang tidak suka dengan makanan pedas? Bagi pecinta makanan pedas, ceker pedas adalah salah satu hidangan yang wajib dicoba. Nah, bagi kalian yang penasaran dan ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, yuk simak artikel ini sampai selesai!

Sebelum kita masuk ke tahap memasak, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu ceker ayam. Ceker ayam adalah salah satu bagian dari kaki ayam yang memiliki tekstur yang kenyal dan lezat. Bagian ini menjadi favorit bagi banyak orang karena memiliki rasa yang kaya akan kandungan kolagen, protein, dan lemak sehat.

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum memasak ceker ayam adalah membersihkannya dengan baik. Bersihkan ceker ayam dengan air mengalir, pastikan tidak ada bulu atau kotoran yang masih menempel pada permukaan ceker. Setelah membersihkannya, rendam ceker ayam dalam air garam selama beberapa menit. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan bau amis dan membersihkan ceker secara mendalam.

Setelah ceker ayam bersih, kita bisa mulai memasaknya. Pertama-tama, tumis bumbu-bumbu yang akan digunakan. Untuk membuat ceker pedas, kita membutuhkan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, jahe, serai, dan daun jeruk. Tumis bumbu-bumbu tersebut sampai harum dan matang.

Setelah bumbu-bumbu tercium harum, masukkan ceker ayam ke dalam tumisan bumbu. Aduk rata dan biarkan ceker ayam tercampur dengan bumbu secara merata. Tuangkan air secukupnya, kemudian tambahkan garam, gula, dan kaldu ayam bubuk. Aduk rata dan masak ceker ayam dengan api kecil hingga empuk dan meresap.

Saat ceker ayam sudah empuk dan bumbu meresap, kita bisa menambahkan bumbu pedas tambahan untuk mendapatkan cita rasa pedas yang maksimal. Cabai rawit, sambal atau saus cabai adalah beberapa bumbu pedas yang bisa ditambahkan sesuai dengan selera. Tambahkan bumbu pedas tersebut secara bertahap, sambil mencicipi rasa. Jika sudah pas, aduk rata dan masak sebentar lagi agar bumbu pedas meresap dengan sempurna.

Setelah ceker pedas matang, hidangkan ceker ayam ini dengan taburan bawang merah goreng sebagai hiasan. Ceker pedas siap disantap sebagai lauk pendamping nasi hangat. Rasanya yang pedas dan gurih akan membuat makan siang atau malam Anda semakin lezat.

Selain itu, ceker ayam pedas juga dapat dijadikan sebagai makanan pendamping saat menonton acara TV atau kumpul bersama keluarga dan teman-teman. Sensasi pedasnya yang khas akan menambah kehangatan dan kebersamaan Anda bersama orang-orang terdekat.

Demikianlah cara masak ceker pedas yang dapat Sobat Info Negeri coba di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil! Jangan lupa berbagi dengan keluarga dan teman-teman terdekat Anda. Selamat menikmati hidangan pedas yang lezat dan bergizi ini. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya, Sobat Info Negeri!