• Sun. Jul 14th, 2024

cara memasak ceker ayam pedas manis

BySaputra

Dec 18, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang resep cara memasak ceker ayam pedas manis yang lezat dan menggugah selera. Siapa sih yang bisa menolak kelezatan ceker ayam dengan rasa pedas manis yang khas? Yuk, simak artikel berikut ini untuk mengetahui cara memasaknya.

Ceker ayam merupakan bagian kulit kaki ayam yang memiliki tekstur kenyal dan lezat. Biasanya, ceker ayam diolah menjadi berbagai hidangan, seperti sup, tumis, hingga digoreng dengan berbagai bumbu. Namun, pada artikel ini kita akan membahas cara membuat ceker ayam pedas manis yang tentunya akan memanjakan lidah Anda.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat ceker ayam pedas manis ini cukup sederhana dan mudah ditemukan di pasar atau supermarket terdekat. Berikut ini adalah daftar bahan yang perlu disiapkan:

1. 500 gram ceker ayam, bersihkan dan rebus hingga empuk.2. 2 sendok makan saos sambal.3. 3 sendok makan saus tomat.4. 2 sendok makan kecap manis.5. 2 sendok makan gula merah, sisir halus.6. 4 siung bawang putih, haluskan.7. 2 batang daun bawang, iris tipis.8. 1 sendok teh garam.9. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng.10. Air secukupnya.

Setelah semua bahan tersedia, kita bisa mulai memasak ceker ayam pedas manis yang lezat ini. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Pertama, panaskan minyak goreng dalam wajan. Setelah minyak panas, goreng ceker ayam hingga berwarna kecokelatan. Angkat dan tiriskan.2. Dalam wajan yang sama, tumis bawang putih hingga harum. Tambahkan saus sambal, saus tomat, dan kecap manis. Aduk rata.3. Selanjutnya, masukkan ceker ayam ke dalam wajan. Aduk hingga ceker terbalut rata dengan bumbu.4. Tuangkan air secukupnya hingga ceker terendam. Tambahkan gula merah dan garam. Aduk merata dan masak dengan api kecil.5. Biarkan ceker ayam matang dan meresap semua bumbu selama kurang lebih 30 menit. Jika air terlalu sedikit, bisa ditambahkan sedikit air lagi.6. Setelah matang, taburi ceker ayam dengan irisan daun bawang. Aduk sebentar dan angkat dari wajan.

Ceker ayam pedas manis sudah siap disajikan! Anda bisa menyajikannya sebagai makanan utama, lauk pendamping nasi, atau menu camilan ketika bersantai. Kelezatan ceker ayam ini akan memanjakan lidah Anda dan keluarga.

Selain itu, Anda juga dapat menyesuaikan tingkat kepedasan dan ke manisan ceker ayam sesuai dengan selera. Jika Anda menyukai makanan pedas, tambahkan saus sambal lebih banyak. Namun, jika Anda lebih suka makanan manis, tambahkan gula merah sedikit lebih banyak.

Dengan resep sederhana ini, Anda bisa mengolah ceker ayam menjadi hidangan yang lezat dan menggugah selera. Jangan ragu untuk mencoba di rumah dan berkreasi dengan variasi bumbu yang berbeda.

Nah, itulah cara memasak ceker ayam pedas manis yang bisa Anda coba di rumah. Semoga bermanfaat dan dapat menambah variasi menu masakan di rumah. Selamat mencoba dan selamat menikmati hidangan lezat ini!

By Saputra