resep bumbu bali ayam 1 kg

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar kalian hari ini? Semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan bahagia ya. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang resep bumbu bali ayam 1 kg yang lezat dan menggugah selera. Siapa sih yang tidak suka dengan masakan bali? Rasanya yang kaya akan rempah, pedas, dan gurih membuatnya menjadi favorit banyak orang. Nah, jika kalian ingin mencoba membuat masakan bali sendiri di rumah, yuk simak resep berikut ini!

Sebelum kita masuk ke dalam resepnya, ada baiknya kita tahu terlebih dahulu bumbu-bumbu apa saja yang dibutuhkan untuk membuat bumbu bali ayam yang enak ini. Berikut adalah daftar bumbu-bumbu yang harus kalian siapkan:

– 1 kg ayam, potong menjadi beberapa bagian- 4 siung bawang putih- 6 butir bawang merah- 5 buah cabai merah keriting- 3 buah cabai rawit (sesuai selera)- 2 buah tomat, potong dadu- 2 lembar daun jeruk purut- 2 batang serai, memarkan- 3 cm lengkuas, memarkan- 3 cm jahe, memarkan- 1 sendok makan terasi, bakar- 1 sendok teh gula pasir- 1 sendok teh garam- 1 sendok teh penyedap rasa- Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Setelah semua bahan terkumpul, kita bisa mulai membuat bumbu bali ayam yang enak ini. Pertama-tama, haluskan bawang putih, bawang merah, cabai merah keriting, dan cabai rawit dengan menggunakan blender atau ulekan. Setelah halus, tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi dengan minyak goreng hingga harum.

Tambahkan daun jeruk purut, serai, lengkuas, dan jahe ke dalam tumisan bumbu. Aduk rata dan biarkan bumbu meresap ke dalam rempah-rempah selama beberapa saat. Setelah itu, masukkan potongan ayam ke dalam tumisan bumbu dan aduk rata.

Selanjutnya, tambahkan terasi yang sudah dibakar ke dalam tumisan ayam. Terasi ini memberikan cita rasa khas pada masakan bali. Jangan lupa juga untuk menambahkan gula pasir, garam, dan penyedap rasa ke dalam hidangan ini. Aduk rata dan biarkan ayam matang sempurna dengan api kecil.

Ketika ayam sudah matang, tambahkan potongan tomat ke dalam hidangan ini. Tomat akan memberikan rasa segar dan sedikit asam pada masakan bali ayam yang lezat ini. Aduk rata dan biarkan masakan mendidih sebentar.

Setelah semua bahan tercampur dan matang, hidangan bumbu bali ayam siap disajikan. Hidangkan masakan ini dengan nasi hangat dan beberapa irisan mentimun segar sebagai pelengkapnya. Rasakan sensasi rempah bali yang kaya dan nikmati kelezatan dari bumbu bali ayam yang kalian buat sendiri di rumah.

Dengan menggunakan resep ini, kalian bisa menikmati masakan bali ayam yang lezat dan menggugah selera tanpa harus pergi ke restoran. Selain itu, kalian juga bisa mengatur tingkat kepedasan sesuai dengan selera kalian sendiri dengan menambahkan atau mengurangi jumlah cabai rawit yang digunakan.

Nah, itulah resep bumbu bali ayam 1 kg yang enak dan lezat. Semoga artikel ini bisa membantu kalian dalam menciptakan hidangan bali yang enak di rumah. Jangan takut untuk mencoba dan berkreasi dengan resep ini, dan jangan lupa untuk membagikan hidangan ini kepada keluarga dan teman-teman kalian. Selamat mencoba dan selamat menikmati!